Daftar Komoditas Ekspor yang Paling Laris di Negara Asia Tenggara

Tentu banyak sekali jenis komoditas ekspor yang paling laris di Negara Asia Tenggara yang potensial. Apalagi Indonesia memang menjadi salah satu negara yang melakukan kegiatan impor ataupun ekspor. Sama halnya dengan negara-negara di Asia Tenggara yang juga melakukan kegiatan perdagangan.

Komoditas Ekspor Yang Paling Laris Di Negara Asia Tenggara
Komoditas Ekspor Yang Paling Laris Di Negara Asia Tenggara

Sumber daya alamnya yang melimpah juga menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia aktif melakukan kegiatan ekspor. Kegiatan ini juga menjadi indikator dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Maka ketahuilah apa saja jenis komoditas ekspor terlaris di wilayah Asia Tenggara, seperti berikut ini.

7 Jenis komoditas ekspor yang paling laris di Negara Asia Tenggara

  1. Kopi

Iklim tropis yang ada di Indonesia sangat cocok dengan tanaman kopi. Tak heran jika Indonesia merupakan salah satu negara sebagai penghasil kopi paling besar sedunia. Kopi yang berasal dari Indonesia banyak diekspor ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

Jenis kopi tersebut meliputi kopi Luwak, Arabika, hingga kopi Robusta yang memiliki banyak peminatnya di luar negeri.

  1. Furniture

Produksi hasil hutan dan kayu yang melimpah di Indonesia membuat negara ini menjadi produsen mebel teratas sedunia. Walaupun industri mebel di Indonesia sempat naik turun, tetapi secara perlahan kini mulai bangkit lagi. Furniture dari Indonesia banyak dikirim ke negara-negara di Asia Tenggara dan juga Eropa.

Data tentang komoditas ekspor yang paling laris di Negara Asia Tenggara ini lengkap. Sehingga bisa diketahui barang-barang tersebut diekspor ke mana saja.

  1. Udang

Tak hanya hasil taninya saja tapi hasil laut dari Indonesia juga banyak diekspor ke luar negeri, khususnya Asia Tenggara. Karena termasuk negara maritim maka tidak heran jika banyak hasil laut dari Indonesia yang diekspor ke luar. Salah satu hasil lautnya adalah udang.

Udang ini diekspor ke negara-negara wilayah Asia Tenggara dan juga ke Amerika, Australia, dan Eropa.

Baca Juga: (Berapa Lama Pengiriman Paket ke Luar Negeri Via Udara dan Laut?)

  1. Komponen Otomotif

Bidang lainnya yang juga banyak diekspor dari Indonesia adalah komponen otomotif. Bahkan pabrikan otomotif tersebut memiliki pusat pabriknya khusus di Indonesia. Semua itu tentu memungkinkan para konsumen lokal untuk mendapat suku cadang berkualitas unggul skala internasional.

Sehingga ekspor komponen otomotif pun menambah harapan untuk roda ekonomi di Indonesia. Yaitu mengirim barangnya ke sejumlah negara seperti India, Cina, Jepang, Thailand, dan sebagainya.

  1. Kakao

Sebutkan komoditas ekspor yang paling laris di Negara Asia Tenggara? Jawabannya adalah kakao. Karena kakao juga menjadi salah satu komoditas unggul yang berasal dari Indonesia. Kakao adalah bahan dasar pembuatan cokelat yang banyak dibutuhkan di sejumlah negara.

Tak hanya negara di Asia Tenggara saja tapi pengiriman kakao ini bahkan sampai ke AS, Jerman, Swiss, dan sebagainya.

  1. Tekstil

Komoditas lainnya yang juga diekspor oleh Indonesia ke Negara di Asia Tenggara adalah tekstil. Perkembangan industri tekstil ini meningkat pesat di beberapa tahun terakhir ini. Kebanyakan produknya diekspor dalam bentuk bahan baku, setelah itu dipakai oleh industri mode yang ada di negara lain.

  1. Minyak Kelapa Sawit

Indonesia juga menjadi salah satu negara penghasil minyak kelapa sawit paling besar. Mulai dari negara di Asia Tenggara hingga negara lainnya, minyak kelapa sawit tersebut diekspor dalam jumlah besar. Bahkan pada tahun 2018 lalu, jumlah minyak kelapa sawit yang diekspor dari Indonesia mencapai 29,3 ton.

Komoditas ekspor yang paling laris di Negara Asia Tenggara inilah yang menguntungkan negara kita dari segi perekonomian. Apakah Anda pun tertarik kirim paket ke luar negeri dari komoditas di atas?