Produk Indonesia Paling Laris di Ekspor ke Malaysia

Sejumlah produk Indonesia paling laris di ekspor ke Malaysia merupakan produk unggulan dan khas Indonesia. Produk yang diperjualbelikan di sana ternyata memiliki pasarnya sendiri. Sehingga produk unggulan tersebut laris manis di pasar ekspor Malaysia. Hal ini menandakan bahwa kualitas produk kita diakui oleh negara lain.

Produk Indonesia Paling Laris Di Ekspor Ke Malaysia
Produk Indonesia Paling Laris Di Ekspor Ke Malaysia

Karena ketika mengekspor barang ke luar negeri kualitas barangnya harus diutamakan. Jangan menjual barang yang biasa-biasa saja. Bahkan barang/produk tersebut tidak akan mampu bersaing dengan produk lainnya di luar negeri. Berikut ini beberapa produk yang paling laris di pasar Malaysia dari Indonesia.

Rekomendasi 5 Produk Indonesia Paling Laris di Ekspor ke Malaysia

  1. Beras

Indonesia sangat kaya dengan hasil pertaniannya misalnya seperti beras. Salah satu negara tujuan dalam mengekspor beras dari Indonesia adalah Negara Malaysia. Dan produk beras dari Indonesia ini menjadi produk unggulan terbaik di negara tersebut.

Bahkan Indonesia telah mengekspor beras sebanyak 25.000 ton ke Malaysia. Pemerintah Indonesia juga berharap negara tersebut mau mengalokasikan 20% dari kuota beras Indonesia, untuk mengimpor dari Indonesia.

  1. Pakaian Muslim

Selain bahan pangan, Indonesia juga tengah mengekspor barang lainnya ke Malaysia yaitu seputar Fashion. Produk baju muslim dari Indonesia juga menjadi produk yang laris manis di pasar Malaysia. Khususnya menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, jumlah baju muslim yang diekspor ke sana melonjak naik.

Salah satu daftar produk Indonesia paling laris di ekspor ke Malaysia yang satu ini memang banyak diminati. Pada umumnya, pakaian muslim tersebut mendapatkan pangsa pasar yang cukup besar dan berskala global. Volume ekspor pakaian muslim dari Indonesia ke Malaysia meningkat di tahun 2016 lalu sebanyak 3,87%.

Baca Juga: (Tips Mengirim Barang Elektronik ke Luar Negeri Untuk Diekspor)

  1. Makanan Olahan

Indonesia juga telah mengekspor makanan olahan khas Indonesia ke luar negeri yaitu Negara Malaysia. Nilai ekspor olahan makanan yang dikirim ke Malaysia meningkat hingga 7,6% dari jumlah keseluruhan. Produk olahan makanan yang paling banyak dijual ke Malaysia di antaranya yaitu mie instan, camilan, kopi, bumbu makanan, dan sebagainya.

  1. Furnitur

Barang atau produk berupa mebel juga menjadi salah satu produk yang paling banyak dijual ke luar negeri. Produk furnitur buatan Indonesia ini juga banyak dijual di Malaysia. Bahkan dalam pameran furnitur yang diadakan di negara tersebut Indonesia berhasil memperoleh pendapatan sebanyak 850 dolar dari produk furnitur tersebut.

Tak heran jika furnitur termasuk produk Indonesia paling laris di ekspor ke Malaysia dan unggulan. Pendapatan itu berasal dari pembelian furnitur yang dibeli oleh konsumen Malaysia. Ditambah dengan beberapa negara yang juga hadir di pameran tersebut dan melakukan pembelian furnitur itu sendiri.

Tak hanya Negara Malaysia saja yang melakukan pembelian tapi negara-negara dari Eropa juga, dan negara lainnya di Benua Asia. Tren penjualan furnitur ke Malaysia memang sudah mengalami perkembangan sejak tahun 2010. Indonesia juga ikut bersaing dengan negara lainnya dalam hal ekspor furnitur tersebut.

  1. Kerajinan Tangan

Produk kerajinan tangan yang berasal dari Indonesia juga dijual dan laris manis di Malaysia dan negara-negara lainnya. Setiap tahunnya, ekspor kerajinan tangan dari Indonesia ke Malaysia meningkat sekitar 10%.

Karena budaya Malaysia memang hampir mirip dengan budaya Indonesia. Maka produk ekspor yang laris di Malaysia tersebut biasanya berupa suvenir, tirai, kaligrafi, dan sebagainya.

Produk Indonesia paling laris di ekspor ke Malaysia di atas juga menjadi keunggulan dari Negara Indonesia itu sendiri. Karena itulah banyak orang yang kirim paket ke luar negeri dengan tujuan Malaysia.