Daftar Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Laris

Secara garis besar, komoditas ekspor Indonesia masuk ke dalam kategori komoditas ekspor unggul di pasar internasional. Baik itu komoditas ekspor migas ataupun nonmigas. Bahkan, komoditas ekspor Indonesia pada tahun 2021 lalu tercatat mencapai hingga $22,84 miliar.

Komoditas Ekspor Indonesia
Komoditas Ekspor Indonesia

Memang secara garis besar ekspor dari Indonesia jauh lebih tinggi daripada impor. Dengan begitu Indonesia mampu mencatat surplus neraca perdagangan. Jika nilai impor lebih tinggi, maka neraca perdagangan akan mengalami defisit.

Komoditas-komoditas Ekspor Indonesia

  • Kelapa Sawit

Sudah tak heran jika kelapa sawit masuk ke dalam komoditas ekspor terbesar di Indonesia. Bahkan Indonesia dijuluki sebagai raja sawit karena mampu menguasai sebagian pasar ekspor global.

Tercatat pada tahun lalu, Indonesia mengekspor kelapa sawit hingga 35 juta ton dalam per tahunnya. Kelapa sawit merupakan produk yang masuk ke dalam golongan minyak. Jadi itulah sebabnya kelapa sawit dari Indonesia banyak diminati. Bahkan kelapa sawit dari Indonesia diekspor hingga ke Eropa dan India.

  • Karet

Komoditas ekspor Indonesia terbesar selanjutnya adalah karet. Karet merupakan produk pertanian unggulan yang berada dari Indonesia. Pada tahun 2020 yang lalu, BPS mencatat jika Indonesia mampu mengekspor sebanyak 2,2 juta ton ke berbagai negara. Negara utama yang menjadi tujuan ekspor adalah Jepang, China, Korea Selatan, Turki, Jerman, Kanada, AS, hingga ke Brazil.

  • Batu Bara

Selain kelapa sawit, tingkat ekspor batu bara dari Indonesia pun tak kalah banyak. Bahkan batu bara dari Indonesia masuk ke dalam produsen ketiga terbesar di dunia.

Indonesia mencatat bahwa produksi batu bara bisa mencapai 500 juta ton lebih untuk per tahunnya. Tapi sayangnya saat ini permintaan domestik masih rendah. Itulah sebabnya sebanyak 70 persen batu bara diekspor ke berbagai negara.

Tercatat oleh kementerian ESDM jika Indonesia mampu melebihi target ekspor dengan mencapai 400 juta ton lebih. Negara tujuan ekspor Indonesia adalah Vietnam, Filipina, Jepang, Malaysia, dan Bangladesh.

(Baca juga: Kirim Paket ke Australia Paling Murah yang Harus Diketahui)

  • Kopi, Teh, dan Coklat

Kopi, teh, dan coklat pun masuk ke dalam daftar komoditas ekspor Indonesia yang paling unggul. Sebab, ketiga hasil pertanian dari Indonesia ini mampu menguasai beberapa pasar internasional di beberapa negara.

Beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor Indonesia adalah Singapura, Malaysia, India, Jepang, AS, Mesir, bahkan hingga ke Italia. Bukan tanpa sebab, kopi, teh, dan coklat khas Indonesia banyak diminati karena memiliki kualitas terbaik. Bahkan banyak yang mengatakan jika biji kopi dan coklat khas Indonesia merupakan produk terbaik yang pernah ada.

  • Besi dan Baja

Terakhir, komoditas ekspor terbesar dari Indonesia berasal dari besi dan baja. Bahkan komoditas besi dan baja hampir setara dengan komoditas kelapa sawit dan batu bara. Bukan tanpa sebab, pada November 2021 yang lalu besi dan baja dari Indonesia mencapai hingga $276 juta.

Walaupun sudah cukup banyak, pemerintah akan terus berupaya meningkatkan ekspor besi dan baja melalui program hilirisasi. Nantinya produk besi dan baja ini akan diekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Thailand, Australia, Taiwan, hingga ke Amerika Serikat.

  • Alas Kaki

Tak hanya komoditas pertambangan dan perkebunan, dari segi komoditas industri Indonesia juga tak kalah unggul. Salah satu produk yang banyak diminati pasar Ine adalah alas kaki dari Indonesia.

Beberapa produk alas kaki yang paling banyak diekspor adalah sepatu dan alas kaki sehari-hari. Menariknya, produk alas kaki dari Indonesia juga diekspor hingga ke Meksiko dan Italia.

Itulah tadi beberapa komoditas ekspor Indonesia yang paling banyak dan unggul. Saat ingin mengekspor barang ataupun produk, sebaiknya gunakan jasa pengiriman yang tepat. Dengan begitu kegiatan kirim paket ke luar negeri akan jauh lebih amat dan produk tidak ada kerusakan sedikit pun.