Berapa Lama Pengiriman Paket ke Luar Negeri Via Udara dan Laut?

Lama pengiriman paket ke luar negeri via udara dan laut tentu berbeda-beda. Masing-masing jalur pengiriman tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun biasanya, dalam waktu sehari pun bisa sampai ke luar negeri melalui jalur laut atau udara. Selama persyaratan bea cukai, kurs dolar, pengisian formulirnya sudah selesai.

Lama Pengiriman Paket Ke Luar Negeri Via Udara Dan Laut
Lama Pengiriman Paket Ke Luar Negeri Via Udara Dan Laut

Selain itu, pengiriman barang ke luar negeri via udara atau laut saat ini bisa diurus secara online. Sama halnya dengan pengecekan biaya kirimnya yang juga bisa dilihat di internet atau website jasa ekspedisi terkait. Namun biaya kirim setiap jasa ekspedisi tentu tidak sama, karena memiliki metode keuntungan yang berbeda-beda.

Durasi lama pengiriman paket ke luar negeri via udara dan laut

Biasanya jasa kirim juga sering bekerja sama dengan PayPal atau bank, agar memudahkan pengguna bertransaksi dengan biaya terjangkau. Harganya juga ditentukan oleh negara-negara yang dituju tersebut. Misalnya pengiriman barang ke wilayah Asia akan lebih murah dibanding ke wilayah Eropa.

Biaya tersebut akan ditentukan oleh jarak tempuhnya, berat barang yang dikirim, dan jenis barangnya. Selain itu setiap negara juga mempunyai nilai pajak yang berbeda-beda. Pajak yang harus dibayar ini biasanya dibebankan pada si pengirim dan bukan si penerima. Namun hal itu akan dikonfirmasi terlebih dulu supaya tidak ada kesalahpahaman.

Untuk lama pengiriman paket ke luar negeri via udara dan laut dengan tarif murah, dilihat saat Anda memilih biaya kirimnya. Estimasi pengiriman barang ke negara-negara Asia Tenggara biasanya hanya 3-4 hari. Sedangkan ke negara-negara di Benua Asia jangka waktunya kurang lebih 5-6 hari, tapi ada pula yang 4-5 hari sudah sampai.

Lain lagi dengan pengiriman barang di luar Benua Asia, lama pengiriman bergantung pada jalur pengirimannya. Apakah Anda akan menggunakan jalur udara atau jalur laut. Pengiriman dokumen ke negara di Amerika Serikat dari Jakarta biasanya hanya 1-2 minggu saja.

Baca Juga: (Mengirim Makanan ke Luar Negeri Apakah Sulit? Ini Solusinya!)

Cara kirim paket ke luar negeri secara online

Pengiriman paket ke luar negeri bisa diatur melalui smartphone secara online. Tapi pengiriman ini hanya untuk mengisi dan melengkapi formulirnya saja. Untuk paketnya tetap harus diantarkan ke kantor pusat jasa ekspedisi terkait. Cara kirim paket ke luar negeri bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Booking Online dan Memilih Negara Tujuan

Langkah paling awal yang harus dilakukan dalam mengirim paket adalah dengan booking secara online. Isi tujuan pesanan dan alamatnya secara lengkap di sana. Nama tempat yang dituju dan nama kotanya harus diisi dengan lengkap dan rinci.

Setelah mengetahui lama pengiriman barang ke luar negeri via udara dan laut dan biayanya, Anda bisa melakukan booking online tersebut. Setiap layanan aplikasi biasanya akan menyediakan kolom kosong yang berisi Details, supaya Anda bisa mengisi alamatnya dengan tepat.

  1. Memilih Paket Pengiriman

Masukkan jenis barang yang ingin dikirim dan tentukan berat, jenis, jumlah, dan ukuran lebar serta tinggi paket. Biasanya layanan jasa pengiriman akan menarifkan biaya sesuai dengan jenis barang dan beratnya.

  1. Informasi Pengiriman

Jika detail alamatnya sudah diisi maka formulir tersebut disebut dengan informasi pengiriman. Di sana akan ada syarat dan juga ketentuan dari negara yang dituju.

  1. Pembayaran

Setelah pengiriman barang dilakukan maka Anda juga harus melakukan pembayaran atas biaya kirim paket tersebut.

Estimasi lama pengiriman paket ke luar negeri via udara dan laut ini, akan jadi patokan saat kirim barang ke luar negeri.