Produk Dalam Negeri yang Laris Dijual di Luar Negeri, Apa Saja?

Sebagai pengusaha, Anda harus tahu apa saja produk dalam negeri yang laris dijual di luar negeri. Agar hal itu menjadi pemicu dalam memilih produk yang tepat untuk dijual di sana. Apalagi sudah banyak juga produk lokal dari Indonesia yang mampu menembus pasar internasional. Bahkan produk ini sudah merajai pasar di luar negeri.

Produk Dalam Negeri Yang Laris Dijual Di Luar Negeri
Produk Dalam Negeri Yang Laris Dijual Di Luar Negeri

Selain laris di pasar luar negeri, produk dari Indonesia tersebut juga mampu bersaing dengan produk lainnya. Jadi, jangan meremehkan produk lokal dan hanya ingin menggunakan produk luar saja. Karena, masuknya produk dari Indonesia ke luar negeri menjadi tanda bahwa kualitas produknya sudah teruji.

Kumpulan produk dalam negeri yang laris dijual di luar negeri

  1. Mie Instan

Mie instan asal Indonesia yang merk atau brand-nya sudah ternama di dalam negeri, juga dikenal dengan baik di luar negeri. Bahkan mie instan ini sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Bahkan mie instan asal Indonesia ini sangat laris di Eropa dan Amerika.

Dengan cita rasa khas Indonesia dan harga terjangkau, tentu mie instan ini sangat disukai dan diminati banyak orang. Kandungan produknya pun cukup baik dengan sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh.

  1. Sambal

Produk lainnya yang juga berhasil menembus pasar internasional adalah sambal. Sambal saus dan saus tomat dari Indonesia memperoleh kontrak pembelian yang jumlahnya mencapai 10 kontainer. Produk tersebut akan dipasarkan di Shanghai Cina dan Tiongkok.

Sambal ini juga menjadi salah satu produk dalam negeri yang laris dijual di luar negeri dan menguntungkan. Hal ini sangat menunjukkan khas Indonesia dengan mayoritas orangnya yang suka dengan cita rasa makanan pedas.

Baca Juga: (Daftar Komoditas Ekspor yang Paling Laris di Negara Asia Tenggara)

  1. Batik

Kain tradisional dari Indonesia yang satu ini juga menjadi unggulan bagi negara kita, yang memiliki budaya tinggi. Batik menjadi salah satu kain tradisional populer dari Indonesia yang juga diekspor ke luar negeri. Kain batik juga telah disahkan oleh UNESCO dan menjadi warisan budaya asli Indonesia.

Apalagi saat ini semakin banyak produsen yang dengan kreatif mengembangkan kain batik. Tak hanya berupa baju saja tapi banyak juga yang mengolahnya menjadi produk sandal, kipas, tas, dan sebagainya.

  1. Bulu Mata Palsu

Produk ini ternyata sangat laris di pasar luar negeri, dan hingga saat ini ekspor bulu mata palsu tersebut terus meningkat. Negara tujuan dari ekspor bulu mata palsu tersebut yaitu Amerika, Malaysia, Inggris, Jerman, dan Korea. Sejumlah produk dalam negeri yang laris dijual di luar negeri ini kualitasnya sudah terjamin.

Termasuk produk bulu mata palsu tersebut, yang ternyata laris di pasar Amerika, Asia, dan Eropa. Apalagi produk bulu mata palsu yang diekspor ke Malaysia, jumlahnya melonjak sampai ribuan persen.

  1. Kopi Sachet

Tak hanya kopi yang masih asli saja, yang banyak diekspor ke luar negeri dan laku di pasaran. Namun kopi sachet yang namanya sudah terkenal juga berhasil masuk ke pasar luar negeri. Para pecinta kopi tentu sudah sangat hapal dengan rasa kopi instan dari Indonesia yang khas.

Kopi instan sachet tersebut terus berkembang dan semakin melebarkan sayapnya ke pasar luar negeri. Bahkan kopi ini telah menguasai pasar kopi di luar negeri hingga 50%.

Itulah beberapa produk dalam negeri yang laris dijual di luar negeri dan memiliki pasarnya tersendiri. Tak hanya laris di dalam negeri, ternyata produk tersebut juga terkenal di luar negeri. Anda bisa ikut kirim barang ke luar negeri dan buka usaha produk di atas.