Cara Packing Tanaman Gantung Agar tak Layu Sampai Tujuan

Cara packing tanaman gantung adalah salah satu hal yang paling krusial agar kondisi tanaman tersebut masih segar dan aman sampai di tujuan. Mengingat proses pengirimannya yang memerlukan waktu beberapa hari untuk sampai, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara pengemasannya agar tak layu.

Cara Packing Tanaman Gantung
Cara Packing Tanaman Gantung

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengemas tanaman gantung agar kondisinya tetap segar sampai ke pelanggan.

Langkah-langkah dan Cara Packing Tanaman Gantung

  1. Kemaslah Berdasarkan Jenis Tanaman

langkah pertama untuk cara packing tanaman gantung agar tidak rusak adalah dengan mengategorikan tanaman berdasarkan jenisnya. Yang harus diingat adalah tidak semua tanaman bisa mendapatkan perlakuan yang sama. Perhatikanlah karakteristik tanaman tersebut sebelum mengemasnya menjadi satu. Berikut ini adalah cara-cara packing tanaman berdasarkan jenisnya.

  • Tanaman kayu: Kemaslah tanaman dan jangan menyisakan ruangan kosong yang membuat kemasan tidak akan rusak karena batangnya lebih kuat.
  • Tanaman hias bergetah yang mudah patah: Gunakan kardus yang cukup solid untuk mengemasnya agar tanaman tidak mudah rusak dalam proses pengiriman. Sisakan ruang sekitar 3 hingga 5 cm di dalam kardus dan sesuaikan tinggi dan lebar tanamannya.
  • Tanaman dengan ukuran besar: Gunakan packing kayu agar paket lain tidak tertindih. Oleh karena itu, tanaman yang telah dikemas akan tetap segar dan aman sampai tujuan.

(Baca juga: 4 Cara Packing Tanaman Cabe yang Kerdil Untuk Pengiriman)

  1. Tanaman Jangan Sampai Goyang

Tips cara packing tanaman gantung berikutnya adalah bungkuslah tanah atau media tanam yang ada pada tanaman dengan menggunakan plastic wrap atau kresek agar tidak goyang. Lalu rekatkan dengan menggunakan selotip. Lalu Anda harus memeriksanya kembali apakah ada kebocoran atau tidak karena akan menyebabkan tanaman bisa mati.

  1. Kelembaban Tanaman Harus Terjaga

Salah satu hal yang bisa menyebabkan tanaman agar tetap segar adalah menjaga kelembapannya. Anda bisa menjaga kelembapannya dengan cara membungkus bagian akarnya dengan menggunakan plastik yang sudah di selotip.

Tetapi Anda harus memperhatikan juga bahwa tanaman jangan sampai terpapar cahaya matahari karena membuat tanaman akan busuk.

  1. Memberikan Tambahan Zat

Tambahkan zat seperti auksin atau vitamin pada tanaman agar bertahan lebih lama dalam proses pengiriman. Fungsi dari zat auksin adalah mengatur sel agar membesar dan membuat ujung batang menjadi panjang. Anda bisa memberikan zat tersebut dengan cara menyemprotnya atau merendamnya pada bagian akar.

  1. Menggunakan Bungkus yang Kokoh
Menggunakan Bungkus Yang Kokoh
Menggunakan Bungkus Yang Kokoh

Terdapat beberapa langkah bagaimana cara packing tanaman gantung yang bisa menjadi pilihan seperti kardus yang solid, packing kayu, dan pipa paralon. Hal tersebut memiliki fungsi agar tanaman tetap terjaga dari benturan dan guncangan selama proses pengiriman sehingga tetap aman hingga ke tujuan.

Pada dasarnya, mengirimkan tanaman gantung tidak bisa dilakukan tanpa mengantongi stiker dan surat yang diterbitkan dari dinas yang bersangkutan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk pergi ke Balai Karantina terlebih dulu agar tanaman yang akan dikirim bisa diperiksa.

Hal tersebut memiliki fungsi untuk mencegah tanaman terhindar dari sejumlah penyakit atau bakteri yang bisa saja menjangkitnya dalam proses pengiriman.

Demikian cara packing tanaman gantung ke luar negeri. Untuk kirim paket ke luar negeri memang perlu memilih jasa ekspedisi yang terpercaya dan aman. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memilih Repack ID sebagai jasa ekspedisi terbaik untuk mengirim tanaman. Dengan jasa yang amanah maka tanaman pasti sampai dengan baik dan tidak mudah rusak.