Ingin Tahu Cara Packing Sayuran untuk Dikirim? Berikut Ulasannya

Cara packing sayuran untuk dikirim beserta bagaimana cara pengirimannya adalah hal yang sangat penting bagi penjual sayuran online. Itu adalah salah satu konsekuensi yang harus dilakukan agar barang pesanan sampai ke tujuan atau ke pelanggan.

Cara Packing Sayuran Untuk Dikirim
Cara Packing Sayuran Untuk Dikirim

Sebagai penjual, tentu saja Anda tidak ingin kehilangan pelanggan tetap hanya karena sayuran yang mereka pesan datang dalam kondisi yang rusak dan tak layak konsumsi. Berikut ini adalah beberapa tips mengemas sayuran yang aman untuk dikirim.

Cara Packing Sayuran untuk Dikirim dengan Baik dan Benar

  1. Memeriksa Produk

Yang perlu Anda pahami sebelum mengemas sayuran untuk dikirim adalah bahwa kelembaban dan temperatur sangat berpengaruh kepada kondisi sayuran. Pastikan bahwa jangan melakukan packing sayuran ketika sedang lembap dan basah. Perlu juga untuk memeriksa fisik sayuran untuk menyortir sayuran mana yang tak layak untuk dikirim.

  1. Mengemas Sayuran

Tips cara packing sayuran untuk dikirim adalah dengan menggunakan plastik. Namun ada beberapa jenis sayuran yang disarankan untuk tidak dibungkus menggunakan plastik seperti ubi dan kentang.

Untuk jenis sayuran yang memiliki kulit lunak seperti terong dan tomat, sangat disarankan untuk mengemasnya dengan soft foam untuk mencegah terjadinya lebam pada sayuran.

(Baca juga: Cara Packing Kerajinan Anyaman Bambu agar Tak Rusak)

  1. Memberikan Udara

Cara packing sayuran untuk dikirim ke luar negeri tentu saja harus memberikan nafas pada sayuran tersebut. Berikanlah lubang-lubang kecil agar sayuran mendapatkan penghawaan pada permukaan kemasan. Lubang udara tersebut untuk membuat sayuran agar tidak cepat layu dan mencegah panas karena kemasan yang terlalu rapat.

  1. Menata Sayuran

Proses menata sayuran juga sangat penting selain juga mengetahui bagaimana cara packing sayuran untuk dikirim. Beberapa tipe sayuran memang harus dipisah dengan tipe sayuran lainnya.

Misalnya, pisahkan bawang putih dengan jenis sayuran lainnya karena bawang mengandung ethylene yang dapat membuat sayuran cepat layu. Sayuran akan tetap terjaga kualitasnya dengan menatanya dengan tepat saat proses pengemasan.

Tips Mengirim Sayuran dengan Aman

Tips Mengirim Sayuran Dengan Aman
Tips Mengirim Sayuran Dengan Aman
  1. Memilih Armada yang Tepat

Jika pengiriman sangat krusial untuk memilih armada jasa ekspedisi yang tepat mengingat sayuran cukup sensitif akan kelembaban dan perubahan suhu. Apabila sayuran yang dikirim dalam jumlah kecil dan jaraknya tak terlalu jauh, armada sepeda motor adalah pilihan yang tepat yang dilengkapi oleh tas termal. Tas termal akan membuat sayuran tetap terjaga kesegarannya dalam proses pengiriman.

Sementara itu, apabila mengirim sayuran dalam jumlah yang cukup banyak, maka sangat disarankan untuk memilih armada mobil yang dilengkapi oleh pendingin. Untuk mengirim sayuran dengan jumlah yang lebih besar lagi yang diperuntukkan untuk retail atau wholesale, kendaraan pick up box adalah pilihan yang tepat.

  1. Memilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Mengemas sayuran akan menjadi pekerjaan yang sia-sia apabila tidak memilih jasa ekspedisi yang tepat. Dengan memilih jasa ekspedisi yang tepat untuk mengirim sayuran akan membuat kondisi sayuran tetap segar hingga sampai ke tujuan. Agar sayuran sampai ke tangan pelanggan lebih cepat, pilihlah jasa ekspedisi yang menyediakan layanan instan.

  1. Menjadwalkan Pengiriman

Apabila mengirim sayuran dengan skala besar, sangat penting untuk menjadwalkan proses pengiriman sesuai dengan tanggal panen. Untuk itu, sayuran yang dikirim selalu dalam kondisi segar.

Oleh karena itu, pilihlah Repack ID untuk mengirimkan produk sayuran agar lebih cepat sampai ke tujuan. Setelah mengetahui cara packing sayuran untuk dikirim, tentu saja memerlukan jasa ekspedisi yang bisa diandalkan. Repack ID adalah jawabannya untuk kirim barang ke luar negeri.