Cara Packing Tanaman Hias untuk Pengiriman Jarak Jauh yang Aman

Cara packing tanaman hias untuk pengiriman jarak jauh hingga ke luar negeri harus dilakukan dengan tepat. Agar tanaman terhindar dari kerusakan selama dalam proses pengiriman. Tanaman hias harus dikemas dengan tepat dan benar agar tanaman tetap segar mulai dari pengiriman, di perjalanan hingga ke tempat tujuan.

Cara Packing Tanaman Hias Untuk Pengiriman Jarak Jauh
Cara Packing Tanaman Hias Untuk Pengiriman Jarak Jauh

Bagi Anda yang berkutat di bisnis tanaman hias atau sedang hobi mengoleksi tanaman hias, berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mengemas tanaman hias dengan aman dan tepat.

Cara Packing Tanaman Hias untuk Pengiriman Jarak Jauh

  1. Menyiapkan Tanaman dan Perlengkapan untuk Packing

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan tanaman hias yang akan dikirim. Anda harus mengetahui karakteristik tanaman yang hendak dikirim. Hal tersebut sangat penting agar tidak terjadi kerusakan ketika proses pengiriman.

Lalu sebelum memulai cara packing tanaman hias untuk pengiriman jarak jauh dengan aman, siapkanlah perlengkapan packing yang diperlukan untuk mempermudah Anda mengemas tanaman seperti kardus dan plastik kertas.

  1. Gunakan Plastik untuk Membungkus Tanahnya

Tahapan berikutnya adalah menggunakan kantong plastik untuk membungkus tanah tanaman hias yang akan dikirim. Kemudian, setelah membungkusnya menggunakan plastik, ikatlah dengan kuat agar tanaman tidak goyang ketika terjadi benturan atau guncangan selama proses pengiriman. Dengan menggunakan bungkus plastik, tanah tidak akan bocor dan tetap aman selama perjalanan.

  1. Melapisi Daun Menggunakan Kertas

Setelah membungkus tanah dengan plastik, sekarang giliran bagian daunnya yang harus dilapisi menggunakan kertas. Tips cara packing tanaman hias untuk pengiriman jarak jauh  ini dapat mencegah tanaman dari kerusakan selama proses pengiriman.

  1. Gunakan Dus yang Kokoh
Gunakan Dus Yang Kokoh
Gunakan Dus Yang Kokoh

Tahapan berikutnya bagaimana cara packing tanaman hias untuk pengiriman jarak jauh adalah memasukkan tanaman hias yang telah dibungkus oleh plastik di bagian tanahnya dan dilapisi kertas di bagian daunnya ke dalam dus yang kokoh dan solid. Gunakanlah dus dengan ukuran yang sesuai dengan tanaman hias yang akan dikirim. Lalu tutuplah dus dengan kuat dan rapat agar tidak mudah bocor dan rusak selama perjalanan.

  1. Setelah Tiba di Tujuan

Lepaskan plastik dan siramilah tanaman ketika tiba di tujuan. Apabila ingin mentransplantasikan tanaman hias tersebut, tunggulah sekitar satu minggu sebelum menanam atau mencangkoknya. Apabila kegiatan ini tertunda, pertumbuhan tanaman akan terhambat dan juga membuat tanaman menjadi rusak.

Buatlah tanaman tersebut beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Sebisa mungkin juga pantau terus perkembangan tanaman hias tersebut. Tanah yang akan digunakan untuk menanam mereka pun harus diperiksa. Selain tanah, suhu dan cuaca juga harus diperiksa. Oleh karena itu Anda harus menyesuaikan treatment yang digunakan untuk merawat tanaman hias di tempat barunya.

Buanglah daun yang mati dan apabila memungkinkan, berilah asupan makanan nabati kepada tanaman hias tersebut. Pantau tanaman secara berkala dalam beberapa pekan hingga tanaman tersebut bisa tumbuh sehat dan aman di lingkungan yang baru.

(Baca juga: Cara Packing Tanaman Gantung Agar tak Layu Sampai Tujuan)

Jasa pengiriman barang ke luar negeri terbaik

Cara packing ikan hias harus dibarengi dengan jasa ekspedisi atau ekspor yang terbaik agar ikan hias yang dikirim dapat sampai ke tujuan dengan aman. Repack ID adalah pilihan terbaik yang bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Jasa ekspedisi yang satu ini menyediakan jasa pengiriman ke luar negeri baik via udara atau laut.

Jadi selain cara packing tanaman hias untuk pengiriman jarak jauh, Anda harus memilih jasa ekspedisi yang tepat pula. Untuk pengiriman tanaman hias pun tidak perlu khawatir karena jasa ekspedisi ini menawarkan proses pengiriman tanaman yang aman. Anda bisa percayakan kirim barang ke luar negeri ke Repack ID.