Cara Packing Tanaman Bonsai Agar Tetap Segar

Tanaman bonsai adalah salah satu tanaman yang memang banyak peminatnya, oleh karena itu sebagai penjual sangat penting untuk tahu cara packing tanaman bonsai. Apalagi untuk pengiriman ke luar negeri yang memakan waktu lama. Harap memperhatikan cara packing agar tanaman bonsai tetap aman dan segar selama proses pengiriman.

Cara Packing Tanaman Bonsai
Cara Packing Tanaman Bonsai

Packing yang baik tentu saja sangat diperlukan agar terhindar dari kerusakan karena perjalanan. Karena itu berikut ini tips yang dapat dilakukan agar bonsai tidak rusak selama perjalanan.

Cara Packing Tanaman Bonsai agar Segar Sampai Tujuan

  1. Gunakan Kantong Plastik

Terdapat beberapa jenis tanaman yang tidak bisa dijual secara online. Karena tanaman-tanaman tersebut tak mampu melakukan adaptasi dengan lingkungan yang baru seperti pencahayaan, kelembaban dan suhu.

Ada sejumlah tanaman yang bisa beradaptasi dengan mudah pada kondisi ekstrem sekalipun. Namun tak semua tanaman tersebut bisa dikirim dengan mudah. Terdapat faktor lain yang harus diperhatikan karena terkadang menyulitkan proses pengiriman.

Tanaman bonsai memiliki tangkai yang rentan sekali akan patah. Ketika tanaman dalam proses pengiriman, bukan tidak mungkin akan banyak guncangan dan benturan yang terjadi yang bisa membuat tanaman menjadi rusak.  Oleh karena itu, pastikan tanaman tidak terguncang agar terhindar dari benturan.

Cara packing tanaman bonsai dengan aman adalah membungkus tanah dengan menggunakan kantong plastik agar tanah tidak bocor ketika dikirim. Lalu gunakan selotip pada lapisan plastik tersebut dengan kuat sehingga batangnya tidak akan goyang.

(Baca juga: Cara Packing Tanaman Anggrek Supaya Aman dalam Pengiriman)

  1. Jaga Kelembaban

Ketika melalui proses pengiriman, situasi tak terduga sering kali terjadi yang dapat membuat tanaman menjadi rusak. Bisa saja tanaman yang dikirim terkena suhu yang sangat panas atau terpapar sinar matahari. Hal tersebut bisa membuat tanaman menjadi busuk dan bonyok.

Oleh karena itu tetap dibutuhkan kelembaban pada tanaman yang dikirim apalagi berada di dalam paket yang akan dikirim.

Tips cara packing tanaman bonsai yang berikutnya adalah menggunakan plastik untuk membungkus daerah akar dengan rapat. Hal tersebut akan menjaga kelembaban di daerah itu.

  1. Berikan Hormon

Tumbuhan sangat perlu untuk ditingkatkan daya tahannya selama dalam perjalanan. Apalagi ketika mengalami perubahan kondisi yang cukup ekstrem. Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan hormon seperti vitamin dan auksin yang bisa membuat daya tahan tumbuhan meningkat.

Fungsi auksin adalah memanjangkan sel dan memperbesar sel yang terdapat di area belakang bagian meristem ujung. Sangat mudah untuk mengaplikasikan auksin dengan cara menyemprotkannya ke daun dan akar tanam lalu direndam. Rendamlah akar dalam rentang waktu 1 hingga 3 jam agar zat adaptan bisa terserap dengan sempurna.

  1. Gunakan Wadah Tebal
Gunakan Wadah Tebal
Gunakan Wadah Tebal

Cara packing tanaman bonsai untuk dikirim sangat dianjurkan untuk menggunakan wadah yang kokoh dan tebal. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tanaman karena benturan dan himpitan. Apabila proses pengirimannya tak terlalu jauh, maka sebaiknya gunakan kardus yang cukup tebal. Namun apabila proses pengiriman cukup jauh ke luar negeri, sangat dianjurkan untuk menggunakan packing tebal.

Sangat dianjurkan untuk menerapkan packing menggunakan bahan kayu. Packing kayu memang biasanya digunakan untuk mengirim peralatan elektronik, namun juga bisa diterapkan untuk mengirim tanaman.

Utamakan packing yang solid dan kokoh agar tanaman bonsai yang dikirim tak mengalami kerusakan sampai tujuan agar membuat pelanggan tak kecewa. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pilihan tepat untuk mengirimkan barang ke luar negeri adalah Repack ID.

Setelah mengetahui cara packing tanaman bonsai, sudah pasti Anda harus memilih jasa ekspedisi yang terpercaya dan aman sampai ke tujuan. Repack ID bisa menjadi salah satu jasa kirim barang ke luar negeri yang amanah.