4 Cara Packing Tanaman Cabe yang Kerdil Untuk Pengiriman

Mengirim tanaman cabe kerdil atau memaketkannya melalui ekspedisi merupakan pekerjaan yang sulit, oleh karena itu harus mengetahui cara packing tanaman cabe yang kerdil yang baik dan benar. Apabila salah melakukan pengemasan meskipun minor, tanaman cabe kerdil akan tersiksa dan bahkan sampai mati sebelum sampai ke tangan pelanggan.

Cara Packing Tanaman Cabe Yang Kerdil
Cara Packing Tanaman Cabe Yang Kerdil

Risiko yang terjadi pada jual beli tanaman cabe memang terkadang muncul ketika mengirimkan tanaman cabe kerdil ke luar negeri. Namun mengemas tanaman cabe kerdil juga bukanlah hal yang tak bisa dilakukan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengemas tanaman cabe agar tetap segar sampai ke tujuan seperti berikut.

Begini Cara Packing Tanaman Cabe Kerdil

  1. Pilihlah Kemasan yang Tepat

Untuk membungkus tanaman cabe kerdil, sudah banyak kemasan yang aman bisa digunakan untuk pengiriman jarak jauh. Antara lain seperti kotak bambu, kotak kayu, koran, kertas tebal atau karton dan kardus.

Pada saat tiba waktunya mengirim tanaman cabe kerdil ini, jangan memikirkan untuk menggunakan kemasan yang terlalu mewah dan mencolok.

Cara packing tanaman cabe yang kerdil untuk dikirim dengan aman adalah hal yang terpenting untuk mencegah guncangan dan benturan selama dalam perjalanan.

  1. Jangan Gunakan Kemasan yang Berbahaya bagi Tanaman Cabe Kerdil

Hindarilah penggunaan kemasan yang berbahaya bagi kelangsungan tanaman yang dikirim. Contohnya adalah menggunakan kemasan yang terbuat dari bahan plastik. Alasannya adalah karena plastik tidak mempunyai pori yang berfungsi untuk sirkulasi udara.

Oleh sebab itu tanaman akan layu dan bahkan sampai mati karena tidak ada udara selama berhari-hari. Tanaman mengeluarkan oksigen namun tidak bisa mengeluarkannya dan tersekap di kemasan plastik. Akibatnya, tanaman akan tercemar karena uap panas yang terbentuk.

Tanaman pun kan mengalami kelembaban yang akut dan tentu saja lama-kelamaan akan mati. Jadi tips cara packing tanaman cabe yang kerdil yang baik adalah tak menggunakan kemasan berjenis plastik seperti bubble wrap.

(Baca juga: Cara Packing Tanaman Bonsai Agar Tetap Segar)

  1. Mengemasnya dengan Tanpa Pot
Mengemasnya Dengan Tanpa Pot
Mengemasnya Dengan Tanpa Pot

Kemaslah tanaman cabe kerdil tanpa potnya untuk menekan biaya pengiriman. Namun, jangan lupa untuk tetap memberikan tanah di bagian bawahnya tepatnya di akar. Anda juga bisa memilih pot plastik yang tentu saja memiliki keringanan lebih dari pot keramik atau pot tanah.

Bagaimana cara packing tanaman cabe yang kerdil dengan pot? Bungkuslah pot menggunakan kertas. Kemudian letakkan tanaman dan pot yang sudah terdapat di wadah atau kotak kayu yang telah di sediakan.

Untuk mencegah terjadinya kekeringan ketika proses pengiriman, taburi mulsa yang cukup banyak di atas tanahnya. Mulsa merupakan serbuk yang terbuat dari cacahan tisu atau kertas. Kelembaban tanah akan terjaga dengan menggunakan mulsa serta agar tidak menguap karena adanya udara panas.

Lalu tutup dengan kertas di bagian atasnya agar tanah dan mulsa tidak berceceran ketika dalam proses pengiriman. Berilah tanda bahwa paket yang dikirim adalah tanaman cabe kerdil sehingga para petugas pengiriman agar lebih berhati-hati.

  1. Lakukan Perawatan Ketika Tiba

Ketika tiba di tujuan, sebaiknya tanaman diberlakukan perawatan khusus. Sebagai penjual, Anda harus memberikan petunjuk kepada pelanggan untuk melakukan perawatan terhadap tanaman cabe kerdil ini secara khusus.

Selama proses pengiriman, tanaman tentu saja kekurangan sinar matahari dan air. Oleh karena itu, pindahkan tanaman ke pot yang baru lalu berilah asupan sinar matahari dan air.

Untuk kirim barang ke luar negeri, percayakan kepada Repack ID setelah mengetahui cara packing cabe yang kerdil.