6 Cara Packing Sarang Burung Walet ke Luar Negeri

Ketahui cara packing sarang burung walet ke luar negeri agar tidak mudah hancur. Sama seperti kaca, sarang burung walet sangat rentan sekali hancur dan patah. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengemas sarang walet dengan baik dan benar.

Cara Packing Sarang Burung Walet Ke Luar Negeri
Cara Packing Sarang Burung Walet Ke Luar Negeri

Jika Anda pengrajin sarang burung walet, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar sarang bisa sampai dengan aman ke tangan pembeli. Berikut beberapa tipsnya.

Tips dan cara packing sarang burung walet ke luar negeri

1. Penuhi Syarat Ekspor

Sebelum mengemas sarang walet, ada baiknya Anda penuhi terlebih dahulu beberapa syarat ekspor sarang walet. Salah satunya salah sarang walet wajib dipanaskan di suhu minimal 70 derajat Celsius selama 3,5 detik.

Serta memiliki kadar nitrit yang kurang dari 30 PPM, bebas dari segala cemaran, dan kadar air sarang hanya 18 persen saja. Apabila sudah memenuhi syarat tersebut, barulah Anda bisa mengemas sarang walet untuk dikirim.

2. Lapisi Sarang Walet dengan Kotak Kardus

Cara packing sarang burung walet ke luar negeri agar tidak mudah pecah selanjutnya ialah menggunakan kotak kardus untuk meletakkan sarang walet. Agar tidak ada bagian yang longgar, gunakanlah kotak yang sama dengan ukuran sarang walet. Dengan begitu sarang tidak akan pecah ataupun hancur selama di perjalanan.

(Baca juga: Packingan Kopi ke Luar Negeri Bisa Aman Dengan Cara Ini)

3. Lapisi Dengan Bubble Wrap

Setelah menggunakan kotak kardus, sebaiknya Anda lapisi lagi kotak tersebut dengan bubble wrap yang tebal. Setidaknya gunakan 2 sampai 3 lapis bubble wrap agar sarang aman.

Tujuan menggunakan bubble wrap adalah untuk melindungi sarang walet dari benturan dan tekanan yang akan terjadi selama proses pengiriman. Menggunakan bubble wrap pun jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan selotip yang berlebihan.

4. Gunakan Kardus Anti Air

Tahapan yang terakhir adalah melapisi kembali sarang walet dengan menggunakan kardus anti air. Agar sarang walet tetap aman saat proses transit, sebaiknya pilihlah kardus yang kuat, kokoh, dan anti air agar tidak mudah penyok dan basah.

Agar tidak terguncang, pilihlah kardus yang sesuai dengan ukuran kotak sarang walet tadi. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar agar sarang walet tidak rusak.

5. Segel Paket

Pastikan jika kardus Anda tersegel dengan baik dan rapat menggunakan lakban. Pastikan tidak ada celah sedikit pun agar paket tidak jebol di dalam perjalanan. Sebab jika ada salah sedikit saja saat menyegel, maka sarang walet akan hancur.

Bahkan Anda juga tidak boleh memilih sembarang jenis lakban. Saat ini sudah ada banyak lakban anti air yang bisa Anda gunakan, jadi gunakanlah lakban jenis tersebut agar dapat merekatkan kardus dengan sangat kuat.

6. Tambahkan Stiker

Cara packing sarang burung walet ke luar negeri agar aman yang terakhir ialah menambahkan stiker di bagian atas kardusnya. Anda bisa menggunakan stiker yang sesuai dengan produk yang dikirimkan, misalnya adalah “mudah pecah” atau “jangan dibanting.

Penambahan stiker ini bisa Anda buat sendiri atau meminta secara langsung di pihak jasa pengiriman. Jika paket Anda sudah tertempel stiker, maka Anda tak perlu lagi khawatir karena pihak ekspedisi akan memperlakukan paket dengan tepat.

Itulah tadi beberapa tips dan cara packing sarang burung walet ke luar negeri yang baik dan benar agar tidak hancur. Selain menerapkan beberapa tips tadi, Anda juga wajib memilih jasa pengiriman yang terpercaya apabila ingin kirim barang ke luar negeri. Sebab jasa pengiriman yang terpercaya akan menangani paket Anda dengan baik dan aman sampai ke tangan pembeli.