Cara Jual Sarang Walet ke Luar Negeri Agar Dikenal dan Laris

Ketahui beberapa tips cara jual sarang walet ke luar negeri agar mendapatkan banyak keuntungan. Saat ini bisnis sarang burung walet banyak dilirik sebab mampu menghasilkan laba finansial yang besar. Bahkan sarang burung walet dari Indonesia dikatakan memiliki kualitas bagus, itulah sebabnya banyak penjual melakukan ekspor ke berbagai negara.

Cara Jual Sarang Walet Ke Luar Negeri
Cara Jual Sarang Walet Ke Luar Negeri

Tapi, saat ingin memulai bisnis walet, ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui agar dapat meraup keuntungan. Sebab, percuma saja memulai bisnis walet tetapi tidak tahu cara menjualnya. Yang ada Anda akan rugi hingga ratusan juta rupiah.

Tips dan cara jual sarang walet ke luar negeri

1. Pahami setiap aturan yang berlaku

Pastinya setiap negara memiliki aturan dan regulasi yang berbeda-beda terkait produk apa saja yang boleh dijual. Serta penerapan tarif pajak dan mekanisme transaksi distribusi dari produk itu sendiri.

Bagi penjual pemula, mungkin cara ini terdengar ribet. Tapi mau tak mau Anda wajib mempelajari regulasi dan aturan tersebut. Jangan sampai Anda dan calon penjual sudah deal melakukan transaksi jual beli. Tetapi produk yang dikirimkan tertahan di bea cukai hanya karena tidak memahami regulasi.

2. Riset pasar luar negeri

Setelah memahami regulasi dari berbagai negara, maka tahapan dan cara jual sarang burung walet ke luar negeriselanjutnya adalah riset pasar. Tujuan riset pasar ini agar Anda bisa mengetahui negara mana saja yang paling banyak mengonsumsi sarang walet.

Contoh negara tujuan ekspor pengrajin sarang walet kebanyakan adalah China dan Hongkong. Bahkan setiap tahunnya permintaan ekspor dari kedua negara tersebut akan terus meningkat. Dengan pasar yang tepat, maka bisnis sarang walet Anda akan semakin terkenal. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan banyak laba penghasilan.

3. Meningkatkan kualitas sarang walet

Sarang walet yang berkualitas adalah sarang yang bersih dan memenuhi standar internasional. Jadi, sebelum menjual sarang walet ke pasar internasional, sebaiknya tingkatkan dulu kualitas sarang walet yang Anda jual.

Bahkan sebelum diekspor, sarang walet wajib dicuci, dibersihkan. Serta dipanaskan terlebih dahulu selama 3,5 menit untuk memenuhi standar yang sudah ditetapkan. Apabila sarang walet memiliki kualitas baik, maka pembeli tidak akan ragu lagi untuk berlangganan.

4. Gunakan marketplace internasional

Untuk menjangkau pangsa pasar di seluruh dunia, Anda bisa menjual sarang burung walet melalui marketplace internasional. Anda bisa menjual sarang walet dengan harga yang berbeda-beda, mengikuti harga pasar setiap negara. Atau bisa juga menentukan sendiri harganya.

Ada banyak sekali jenis marketplace internasional yang bisa Anda gunakan. Apabila Anda bisa jualan di marketplace, maka keuntungan yang didapat akan jauh lebih besar.

(Baca juga: Jual Mainan Anak ke Luar Negeri untuk Pemula)

5. Gunakan email list building

Apabila sarang walet Anda sudah memenuhi syarat dan cara jual walet ke luar negeri yang benar. Maka tips terakhir adalah menggunakan list building. Di bandingkan dengan Indonesia, masyarakat luar negeri lebih aktif menggunakan email untuk komunikasi.

Jadi jangan heran apabila banyak riset menunjukkan jika email adalah saluran pemasaran yang tepat. Bahkan keuntungan menggunakan list building pun ada banyak sekali. Salah satunya adalah membuat produk yang Anda jual tidak akan ketergantungan dengan marketplace.

Demikianlah tadi beberapa tips dan cara jual sarang walet ke luar negeri agar dapat meraup banyak keuntungan. Jangan lupa, saat ingin melakukan kirim paket ke luar negeri, pastikan Anda menggunakan jasa pengiriman yang tepat. Dengan begitu produk bisa sampai dengan aman ke tangan para pembeli.