Ingin kirim paket dengan cepat, murah, dan proses mudah? Chat WA Repack 👈

Cara Kirim Sarang Burung Walet ke Luar Negeri

Untuk mengirimkan sarang burung walet, ada beberapa cara kirim sarang burung walet ke luar negeri yang harus Anda ikuti. Sebab, tiap negara pastinya menerapkan ketentuan dan aturan yang berbeda-beda.

Cara Kirim Sarang Burung Walet Ke Luar Negeri
Cara Kirim Sarang Burung Walet Ke Luar Negeri

Sesuai dengan perkataan Banun Harpini selaku Badan Karantina Pertanian (BARANTAN), ada tiga syarat utama ekspor yang wajib dipenuhi oleh pengusaha sarang burung walet. Apa saja syarat-syarat tersebut?

Syarat dan cara kirim sarang burung walet ke luar negeri

  • Memenuhi Syarat Ekspor

Sarang burung walet wajib memenuhi syarat ekspor yang berupa kebersihan. Syarat ekspor yang pertama ini adalah syarat wajib ekspor ke seluruh negeri.

Sarang burung walet wajib diseleksi terlebih dahulu, setelah itu dicuci hingga bersih. Kemudian bersihkan semua kotoran yang ada dan lakukan pemanasan selama 3,5 menit di dalam suhu 70 derajat Celsius. Hal ini nantinya akan dinyatakan dalam sertifikat sanitary balai karantina setempat.

(Baca juga: Cara Kirim Lukisan ke Luar Negeri Agar Tidak Mudah Rusak)

  • Wajib Melampirkan Dokumen Sanitary

Cara kirim sarang burung walet ke luar negeri menggunakan pengiriman yang kedua ialah wajib melampirkan sebuah dokumen sanitary. Dokumen ini nantinya bisa Anda dapat dari balai karantina.

Selain dokumen sanitary dari penjual, calon pembeli nantinya juga wajib melampirkan dokumen sanitary dari negara asal mereka. Apabila dokumen sanitary tidak ada, maka proses pengiriman tidak akan terproses. Bahkan akan langsung dimusnahkan oleh pihak pengiriman di negara yang Anda tuju.

Nantinya dokumen sanitary dan beberapa dokumen pendukung lainnya akan ditempelkan di luar kemasan. Atau sesuai dengan standar SOP yang dimana harus terlihat jelas.

  • Perhatikan Cara Penulisan

Selain kemasan, beberapa negara juga menerapkan aturan penulisan produk di form. Misalnya untuk produk sarang burung walet yang wajib ditulis BIRD NEST atau Swiflet Nest.

Selain kedua tulisan tadi, maka produk tidak akan diproses pengirimannya. Jadi, perhatikan juga tata cara penulisan produk sarang burung walet yang akan Anda kirimkan nantinya agar tidak salah.

  • Menyiapkan Dokumen Ekspor

Syarat yang keempat ini bukanlah syarat resmi dari BARANTAN. Hanya saja, setiap produk ekspor wajib memiliki dokumen ekspor.

Beberapa dokumen ekspor wajib adalah sales contract yang nantinya berguna untuk pencairan dana. Serta beberapa dokumen lainnya seperti dokumen ekspor bea cukai, commercial invoice, dan purchase order.

  • Mengurus PEB di Pihak Bea Cukai

Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) adalah pemberitahuan pabean yang nantinya digunakan untuk memberikan informasi ekspor. Nantinya Anda sebagai penjual akan diminta untuk mengisi formulir yang berupa pemberitahuan ekspor.

Setelah selesai, nantinya pihak bea cukai akan menerbitkan nota pelayanan ekspor. Tujuan penerbitan nota tersebut agar produk yang Anda kirimkan akan tetap terlindungi oleh pihak bea cukai. Jadinya barang bisa sampai dengan aman ke tangan pembeli.

  • Packing Sarang Burung Walet

Agar tidak pecah, gunakan jenis packing yang tepat sebagai cara kirim sarang burung walet ke luar negeri agar tidak pecah. Karena sarang burung walet termasuk produk yang rawan pecah, pastikan Anda menggunakan tambahan packing kayu di bagian luar.

Dan jangan lupa untuk memasukkan sarang burung walet ke dalam kardus anti air dan lapisi juga dengan tambahan bubble wrap. Tujuan packing berlapis-lapis ini agar sarang burung walet tetap aman dan tidak hancur saat proses pengiriman berlangsung. Sebab perjalanan ke luar negeri memakan waktu yang cukup lama untuk sampai ke alamat penerima.

Itulah tadi beberapa syarat dan cara kirim sarang burung walet ke luar negeri. Saat ingin kirim barang ke luar negeri, pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang tepat. Dengan begitu paket akan sampai dengan aman ke tangan para pembeli.