Packingan Kopi ke Luar Negeri Bisa Aman Dengan Cara Ini

Bagaimana membuat packingan kopi ke luar negeri agar bisa sampai dengan aman ke tangan pembeli? Belakangan ini kopi mulai digemari masyarakat di berbagai belahan dunia. Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini untuk mengekspor kopi milik Anda.

Packingan Kopi Ke Luar Negeri
Packingan Kopi Ke Luar Negeri

Selain rasa dan aroma kopi, Anda juga wajib memperhatikan packing yang digunakan. Agar kopi yang Anda kirim akan tetap terjaga kualitasnya sampai ke tangan pembeli.

Tips packingan kopi ke luar negeri agar aman

  • Gunakan Kardus Anti Air

Agar kopi yang Anda kirim tidak bocor, sebaiknya gunakan kardus anti air. Terlebih lagi jika kopi yang dikirimkan berbentuk minuman siap minum. Dibandingkan kardus biasa, kardus air lebih kuat terhadap cipratan air. Bahkan kardus anti air pun tidak akan cepat penyok seperti kardus pada umumnya.

Penggunaan kardus anti air ini tujuannya agar kopi tidak terkena debu dan polusi saat proses pengiriman. Selain itu, penggunaan kardus pun tampak lebih ramah lingkungan sebab kardus bisa langsung dibakar atau didaur ulang.

Selain menggunakan kardus, pada bagian luarnya juga wajib dilapisi lagi dengan plastik lalu dibalut lakban. Dengan begitu kopi akan aman sampai ke tangan pembeli.

  • Lapisi Dengan Bubble Wrap

Tips packingan kopi ke luar negeri yang baik dan benarselanjutnya ialah melapisi kembali dengan bubble wrap. Bubble wrap berfungsi agar produk yang Anda kirim tidak penyok apabila berbenturan dengan paket lain.

Bahkan penggunaan bubble wrap ini sudah digunakan oleh banyak penjual untuk memproteksi paketnya. Harga bubble wrap yang tidak mahal pun membuatnya banyak dipilih untuk melindungi paket.

  • Pastikan Tidak Ada Udara Masuk

Biji kopi sangrai cenderung mudah berubah rasanya, jadi pastikan jika tidak celah sedikit pun untuk udara masuk. Apabila Anda mengirimkan sebuah kopi dalam bentuk bubuk atau biji, maka gunakanlah kemasan kedap udara. Contohnya plastik pouch segel yang memiliki kemampuan kedap udara. Jadi Anda tak perlu khawatir, sebab rasa dan aroma kopi akan tetap sama.

Selain itu, menggunakan plastik pouch juga terlihat lebih menarik karena Anda bisa menambahkan logo brand di tengahnya. Jadinya kopi yang Anda jual tampak lebih estetik dan tidak monoton.

(Baca juga: Cara Kirim Sarang Burung Walet ke Luar Negeri)

  • Gunakan Kotak Tambahan

Sebelum dimasukkan ke dalam kardus air, Anda wajib menggunakan kotak tambahan agar kopi tidak berantakan. Terlebih lagi jika kopi yang Anda jual masih berupa biji-bijian. Penggunaan kotak tambahan pada packingan kopi ke luar negeri agar tidak pecah. Jadinya kopi yang Anda jual akan tetap sampai dengan aman ke tangan pembeli di luar negeri.

  • Memilih Layanan Pengiriman yang Tepat

Biasanya kopi buatan rumahan tidak akan mampu bertahan lama, itulah sebabnya sangat penting untuk memilih layanan pengiriman yang tepat. Terlebih lagi jika kopi tersebut adalah jenis kopi siap minum.

Agar kopi bisa sampai dengan cepat dan aman ke tangan pembeli, pilihlah layanan pengiriman yang menawarkan waktu paling singkat. Misalnya layanan reguler yang berkisar antara 3-7 hari.

Selain layanan, Anda juga wajib memilih jasa pengiriman terbaik dan terpercaya. Tujuannya agar paket yang Anda kirimkan tidak akan mengalami masalah sama sekali. Dengan begitu pembeli akan merasa puas berbelanja produk olahan Anda.

Jadi itulah tadi beberapa tips packingan kopi ke luar negeri. Jika Anda tertarik kirim paket ke luar negeri, maka gunakanlah beberapa tips di atas tadi. Dan pastikan jika Anda selalu menggunakan jasa pengiriman yang aman dan terpercaya.