Packing dan Cara Kirim Kopi Roasted Bean ke Luar Negeri

Cara kirim kopi roasted bean ke luar negeri sebenarnyahampir sama seperti cara mengirim kopi jenis lainnya. Hanya saja Anda harus memberikan perhatian ekstra di bagian kemasan dan packing produk kopi tersebut. Sebab cita rasa roast kopi setelah di-roasting cenderung mudah berubah. Bahkan rasa dan aroma panggangnya pun akan mulai berkurang.

Cara Kirim Kopi Roasted Bean Ke Luar Negeri
Cara Kirim Kopi Roasted Bean Ke Luar Negeri

Ada empat jenis roasted bean yang paling umum bagi pencinta kopi, yakni light, medium, medium to dark, dan dark. Setiap jenis roasted tersebut tentunya memiliki rasa dan aroma yang berbeda-beda. Tetapi, jenis roasted bean yang paling banyak diminati di berbagai negara adalah darkyang sering digunakan untuk kopi Espresso. Lalu, bagaimana tips mengemas roasted bean agar rasa dan aromanya tetap terjaga?

Tips packing dan cara kirim kopi roasted bean ke luar negeri

  • Bungkus secara berlapis

Agar kopi yang Anda kirim aman dan tidak berubah rasanya, pastikan jika Anda mengemasnya secara berlapis-lapis. Tujuan kemasan berlapis ini agar udara tidak masuk ke dalam kemasan kopi. Sehingga cita rasa kopi roasted bean tidak akan berubah sama sekali.

Gunakan tambahan bubble wrap dan kardus untuk mengemas kopi. Setelah itu, tambahkan lagi kardus keras yang memiliki kualitas bagus untuk bungkus bagian luarnya.

Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan kardus bekas. Sebab menggunakan kardus bekas memiliki risiko kerusakan produk lebih tinggi. Bahkan kardus bekas memiliki celah, sehingga udara akan masuk dan mengubah cita rasa kopi.

  • Gunakan Packing Kayu

Karena kopi tergolong produk minuman kemasan, jadi Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan packing kayu. Menggunakan packing kayu ini merupakan tips dan cara kirim kopi roasted bean ke luar negeri dengan aman.

Jika Anda tidak ingin menggunakan packing kayu, bisa juga menggunakan kardus. Tetapi ingat, perhatikan cara menyegel kardus tersebut. Gunakan perekat kuat dan bentuk seperti pola H pada kardus. Dengan begitu kopi tidak akan kemasukan benda-benda apa pun dari luar.

(Baca juga: Pengemasan dan Cara Kirim Kopi Green Bean ke Luar Negeri)

  • Tempel Stiker Peringatan

Stiker peringatan pada produk makanan atau minuman benar-benar sangat penting. Sebab stiker peringatan bisa jadi sebagai media informasi untuk memberi tahu pihak ekspedisi jika produk tersebut harus diperlakukan secara hati-hati.

Terlebih lagi jika produk yang ingin Anda kirim sangat mudah pecah. Itulah sebabnya stiker peringatan ini sangat penting. Agar terbaca oleh pihak ekspedisi, tempelkan stiker peringatan di atas kemasan produk dengan ukuran yang besar.

  • Selipkan Pesan Personal

Sekarang ini banyak toko-toko online yang memberikan pesan personal kepada para pembelinya. Pesan personal yang diberikan biasanya berupa kata-kata penyemangat. Dengan memberikan pesan moral, maka pembeli merasa jika mereka diperlakukan secara spesial.

Dengan begitu para pembeli tidak akan kapok untuk membeli lagi produk Anda. Dan Anda pun akan mendapatkan pelanggan tetap berkat pesan personal tersebut.

  • Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Jika semua permasalahan packing sudah selesai, maka selanjutnya Anda harus memilih jasa pengiriman terpercaya. Sebab ini bagian dari cara kirim kopi roasted bean ke luar negeri agar tidak pecah.

Saat ini ada banyak sekali jasa pengiriman yang menawarkan pengiriman barang hingga keluar negeri. Bahkan mereka juga menawarkan ongkos kirim yang cukup murah. Tetapi, Anda jangan mudah terlena dengan ongkos kirim yang murah.

Agar aman, pilihlah jasa pengiriman yang sering digunakan penjual. Dengan begitu Anda bisa mengetahui kinerja jasa pengiriman tersebut melalu pelanggan mereka.

Itulah tadi tips dan cara kirim kopi roasted bean ke luar negeri. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, dijamin kegiatan kirim barang ke luar negeri Anda akan aman dan nyaman. Serta pembeli pun akan merasa puas sebab kualitas produk tersebut tetap terjaga.