Jual Kopi ke Luar Negeri Agar Laris di Pasaran

Kini jual kopi ke luar negeri bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan. Bahkan saat ini sudah mulai banyak pengusaha kopi yang memasarkan kopi buatannya ke pasar internasional. Sebab beberapa tahun belakangan ini produksi kopi di Indonesia terus meningkat secara signifikan. Tentunya hal ini sejalan dengan tingginya permintaan ekspor kopi khas Indonesia.

Jual Kopi Ke Luar Negeri
Jual Kopi Ke Luar Negeri

Bukan tanpa sebab, ternyata kopi Indonesia diminati pasar internasional karena kualitasnya. Bahkan pakar kopi asal Meksiko mengatakan jika kopi dari Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik. Jadi tak heran jika permintaan ekspor kopi ke luar negeri terus meningkat pesat. Jika usaha yang Anda rintis masih terbilang baru, berikut ini beberapa tips yang wajib Anda ketahui agar usaha Anda bisa bersaing di pasar internasional.

Tips jual kopi ke luar negeri agar laris

  1. Gunakan Biji Kopi Berkualitas

Sebagai penjual, pastinya Anda diwajibkan untuk menggunakan biji kopi berkualitas. Dengan begitu hasil bubuk kopi yang didapatkan nantinya dapat memenuhi kualitas standar yang ditetapkan di pasar internasional.

Dalam rantai distribusi kopi, biasanya pihak prosesor merupakan pihak yang dapat menentukan seberapa baik kualitas biji kopi tersebut. Jadi Anda bisa membeli biji kopi dari pihak prosesor langsung.

Untuk harga yang ditawarkan pun biasanya bervariatif, untuk harga biji kopi yang paling murah biasanya menggunakan proses semi washed. Sedangkan yang paling mahal menggunakan proses wine fermentasi.

  • Mengolah Kopi dengan Baik

Mengolah kopi dengan baik adalah syarat jual kopi ke luar negeri. Jika Anda sudah mendapatkan biji kopi dengan kualitas terbaik, selanjutnya harus diolah terlebih dahulu agar mudah diminum.

Tahapan roasting kopi menjadi penentu dari rasa dan aroma biji kopi yang diroasting. Bahkan jika biji kopi yang Anda gunakan sama jenisnya, bukan tidak mungkin jika biji kopi tersebut menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda.

Ini disebabkan karena perbedaan tingkat kematangan. Ada tiga jenis tingkat kematangan dalam proses roasting, yakni light, medium, dan dark. Dari ketiga jenis level tersebut, Anda bisa memilih salah satu sebagai karakter yang ingin Anda tonjolkan pada kopi.

Tapi biasanya kopi dengan level medium dan dark adalah level kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Sebab level tersebut mampu menghasilkan aroma dan rasa yang kuat saat dinikmati.

  • Kembangkan Varian Baru

Penjual kopi masa kini terbilang sudah sangat kreatif, bisa Anda lihat sendiri dari varian kopi terbaru yang mereka jual. Bahkan mereka juga menambahkan bahan alami pada kopi untuk memberikan sensasi rasa yang baru.

Contoh varian kopi baru yang mulai banyak dijual adalah kopi gula aren, kopi jahe, dan kopi bubuk kayu manis. Dengan hadirnya varian baru tersebut, Anda sebagai penjual juga bisa berkreasi dan mengembangkannya.

Tapi, hal yang harus diingat adalah selalu pastikan jika bahan kombinasi tersebut merupakan bahan alami. Serta harus menggunakan takaran yang pas dan seimbang agar cita rasa kopi tidak hilang.

(Baca juga: Packing dan Cara Kirim Kopi Roasted Bean ke Luar Negeri)

  • Gunakan Desain Kemasan Menarik

Apabila kopi yang Anda kirim ingin di pasarkan ke luar negeri, Anda harus mengetahui terlebih dahulu langkah-langkah jual kopi ke luar negeri. Agar menarik perhatian, gunakanlah kemasan yang menarik.

Dalam dunia bisnis, kemasan yang menarik dapat meningkatkan kualitas produk. Agar kopi buatan Anda terlihat lebih profesional, Anda bisa menambahkan sajian informasi, bahan-bahan, dan informasi terkait lainnya tentang kopi.

Memang standar kemasan kopi hanyalah dikemas dalam aluminium foil dengan stiker dan nama brand. Tapi agar lebih menarik, tak ada salahnya untuk menambahkan beberapa informasi lain. Dengan begitu pembeli akan merasa tertarik dengan kopi Anda.

  • Gunakan Marketing Online

Marketing online saat ini tidak diragukan lagi, bahkan dengan menerapkan marketing online, para pemilik bisnis bisa meraup banyak keuntungan. Sebagai penjual, tentunya Anda juga harus menerapkan marketing online agar dapat menarik banyak pembeli.

Itulah tadi lima tips jual kopi ke luar negeri yang benar. Hal yang perlu diingat adalah, saat ingin melakukan kirim barang ke luar negeri, pastikan jika Anda menggunakan jasa ekspedisi terpercaya. Selain jasa ekspedisi, kualitas packing juga harus diperhatikan agar barang yang diterima oleh pembeli tidak rusak.