Ekspor Teh ke Luar Negeri untuk Pemula yang Memulai Bisnis

Pemerintah Indonesia saat ini semakin gencar mendorong para pelaku petani teh untuk melakukan ekspor teh ke luar negeri. Terus melakukan perbaikan dalam tata aturan dan pelayanan, pemerintah akan memberikan apresiasi terhadap para pengusaha. Dengan apresiasi tersebut, diharapkan tingkat ekspor teh dari Indonesia semakin meningkat.

Ekspor Teh Ke Luar Negeri
Ekspor Teh Ke Luar Negeri

Jika Anda tertarik mengekspor teh ke luar negeri, ada beberapa aturan-aturan dasar yang wajib dipenuhi. Aturan-aturan ini tentunya sudah memenuhi syarat ekspor di beberapa negara. Jadi Anda bisa mengekspor teh dengan mudah.

Tata cara ekspor teh ke luar negeri yang tepat

  • Membuat Surat Kontrak Jualan

Sales Contract Process atau surat kontak penjualan adalah dokumen yang memuat persetujuan antara pihak ekspor dan impor. Atau sering disebut juga dengan dokumen jual beli.

Dokumen kontrak jualan ini bersisi tentang syarat pembayaran, jumlah barang yang diekspor, harga. Serta asuransi, cara pengiriman barang, dan lain sebagainya.

Surat kontrak ini diurus di langkah pertama agar kegiatan ekspor produk ke luar negeri menjadi lebih mudah. Jika Anda sudah mendapatkan surat kontrak jualan, maka bisa melakukan langkah selanjutnya.

  • Promosi

Jika sudah mendapatkan surat kontrak, maka langkah-langkah ekspor teh ke luar negeri selanjutnya melakukan promosi. Karena ini merupakan ekspor, jadi Anda wajib mencari pembeli dari berbagai luar negeri.

Ada banyak cara melakukan promosi secara global, contohnya menggunakan situs jual beli online internasional. Bisa juga melalui sosial media, atau mengikuti pameran dagang internasional. Dengan begitu Anda bisa menjangkau pembeli di berbagai negara dengan mudah. Atau Anda juga bisa bekerja sama dengan lembaga untuk membantu mempromosikan produk Anda.

  • Inquiry

Jika Anda sudah mendapatkan pembeli dari sebuah negara, nantinya calon pembeli tersebut akan mengirimkan sebuah surat. Surat ini berupa surat permintaan komoditas tertentu. Biasanya berisi tentang deskripsi barang, harga barang, estimasi pengiriman, dan kualitas barang.

Baca juga: (Ekspor Petai dari Indonesia Apakah Memungkinkan?)

  • Offer Sheet

Sebagai penjual, Anda wajib menanggapi surat permintaan dari calon pembeli tadi dengan cara mengirimkan offer sheet. Offer sheet umumnya berisi tentang permintaan dari pembeli itu sendiri.

Misalnya deskripsi detail barang, estimasi pengiriman, dan harga barang. Selain informasi di atas, offer sheet juga memuat informasi terkait ketentuan cara pembayaran dan pengiriman brosur.

  • Order Sheet

Apabila calon pembeli sudah mempelajari terkait offer sheet yang Anda kirimkan, dan mereka juga sudah menyetujuinya. Maka calon pembeli tersebut akan mengirim sebuah surat pesanan dalam bentuk purchase order kepada Anda.

  • Sales Contract dan Confirmation

Melakukan ekspor teh ke luar negeri dari Indonesiaterbilang cukup panjang. Setelah melalui order sheet, Anda sebagai penjual wajib menyiapkan kontrak jual beli dengan ditambah keterangan klausul inspeksi dan bencana alam. Nantinya sales contract ini wajib Anda tandatangani langsung dan dikirim sebanyak 2 rangkap kepada pembeli.

Setelah contract maka dokumen yang diberikan tadi akan dikembalikan sebagai bentuk sales confirmation. Sedangkan untuk rangkap lainnya akan disimpan oleh calon pembeli.

  • LC Opening Process

Setelah surat jual beli sudah ditandatangani oleh kedua pihak. Anda sebagai penjual wajib meminta bank devisa membuka LC dan surat jaminan yang akan dibayar sesuai dengan kesepakatan sales contract.

Demikianlah tata cara ekspor teh ke luar negeri yang wajib Anda ketahui. Hal yang perlu diingat apabila Anda ingin kirim paket ke luar negeri adalah memilih jasa pengiriman yang tepat dan terpercaya. Dengan begitu keamanan paket akan terjamin, dan paket pun akan sampai dengan aman ke tangan para pembeli.