Pengumuman: Pengiriman paket ke Rusia, Ukrania, & Belarus sementara ditangguhkan.

Ekspor Petai dari Indonesia Apakah Memungkinkan?

Ekspor petai dari Indonesia saat ini cenderung meningkat. Bahkan para pengepul petai yang ada di Indonesia menjualnya dengan harga bernilai tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Dengan begitu para petani petai bisa memberikan manfaat bagi orang sekitarnya.

Ekspor Petai Dari Indonesia
Ekspor Petai Dari Indonesia

Petai yang diekspor dari Indonesia saat ini harus memenuhi persyaratan pengiriman terlebih dahulu. Tujuan persyaratan ini adalah agar petai yang Anda kirim mendapatkan akses masuk ke negara tujuan. Jika Anda tertarik ingin ekspor petai keluar negeri, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Cara ekspor petai dari Indonesia bisa dilakukan dengan tips ini

  • Memilih Jasa Pengiriman

Bagi para pengekspor pemula, sebaiknya tentukan terlebih dahulu jasa pengiriman yang akan digunakan. Sebab, jasa pengiriman yang tepat akan membantu setiap proses pengiriman dari awal hingga petai sampai ke negara tujuan.

Selain itu, setiap negara pun biasanya menerapkan peraturan yang berbeda-beda untuk ekspor barang. Bahkan ada yang mengharuskan mendapatkan izin tertentu agar barang tersebut aman.

Jika Anda memilih jasa pengiriman yang tepat, maka mereka akan membantu mengarahkan yang terbaik agar paket Anda sampai dengan aman. Jadinya Anda tak perlu khawatir lagi sebab paket akan ditangani dengan aman.

  • Melengkapi Dokumen

Apabila Anda ingin ekspor melebihi batas maksimal, maka diperlukan dokumen pelengkap sebagai tips ekspor petai dari Indonesia. Kelengkapan dokumen ini dibutuhkan agar proses administrasi bisa dipenuhi dengan cepat saat proses pengiriman.

Apabila ada dokumen yang kurang, maka pengiriman akan ditolak oleh pihak berwenang negara tujuan. Selain itu, petai juga harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh masing-masing negara. Misalnya merek, label BPOM, dan label halal agar lebih mudah diproses.

  • Kemas dengan Baik

Petai wajib dikemas dengan baik dan benar-benar rapat agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, pastikan juga jika packing yang Anda gunakan masuk ke dalam kategori aman untuk dikirim.

Karena petai adalah item yang tergolong sensitif, jadi Anda wajib mengupasnya terlebih dahulu. Setelah itu kemas dengan menggunakan kemasan vakum. Hal ini sudah menjadi aturan pengiriman di setiap negara agar petai bisa diterima dengan baik.

  • Pengecekan

Selanjutnya Anda akan diminta melakukan proses pengecekan untuk melakukan ekspor petai dari Indonesia ke luar negeri. Sebelum barang di pick-up dan di drop-off, sangat penting untuk melakukan dokumentasi produk.

Tujuan pengecekan ini agar paket yang Anda kirimkan nanti tidak terjadi kesalahan di bagian ukuran dan isi yang tertulis. Setelah itu, Anda akan diminta menginformasikan kepada pihak pengiriman kapan waktu yang tepat untuk memproses pengiriman paket.

(Baca juga: Persyaratan dan Cara Ekspor Kayu Bajakah ke Luar Negeri)

Estimasi pengiriman jengkol dan petai ke luar negeri

Apabila petai yang diekspor hanya berjumlah kurang dari 5 kg, maka proses pengirimannya akan terpenuhi dengan mudah. Bahkan estimasi pengirimannya hanya berkisar kurang dari seminggu. Atau jika hanya diekspor ke negara tetangga, petai akan sampai 3 sampai 4 hari.

Tetapi, apabila petai yang diekspor lebih dari 5 kg, Anda harus menggunakan jalur transportasi laut agar lebih murah. Tetapi, jalur laut memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 2 minggu. Sebab paket yang Anda kirim nantinya akan dicek segala kelengkapan dokumen yang terlampir.

Itulah tadi beberapa tips ekspor petai dari Indonesia bagi pemula. Apabila Anda ingin melakukan kirim paket ke luar negeri, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu aturan-aturan yang berlaku. Setelah memahami semuanya, barulah Anda memilih jasa pengiriman yang tepat agar paket sampai dengan aman di negara tujuan.