Cara Packing Daun Pisang untuk Ekspor Sampai ke Tujuan

Mungkin masih banyak dari Anda yang bingung cara packing daun pisang untuk ekspor agar tetap segar sampai ke tujuan. Apalagi masa pandemi dalam beberapa tahun terakhir dimana penjualan buah cukup meningkat drastis mengingat adanya pembatasan sosial yang dilakukan oleh pemerintah.

Cara Packing Daun Pisang Untuk Ekspor
Cara Packing Daun Pisang Untuk Ekspor

Oleh karena itu, sejumlah pengusaha tak mau ketinggalan untuk menerapkan bisnis penjualan daun pisang secara online. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk packing daun pisang dengan baik dan benar agar tahan lama untuk dikirim ke luar negeri.

Cara Packing Daun Pisang untuk Ekspor Agar Tahan Lama

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengemas daun pisang dengan cara memasukkannya ke dalam plastik yang telah tersegel.
  • Apabila Anda lebih memilih untuk menggunakan box, yang harus dilakukan adalah menggunakan perekat atau selotip di setiap sisinya. Tujuannya adalah untuk membuat daun pisang tetap segar dan aman sampai tujuan.
  • Anda bisa menambahkan soft foam ketika mengemas daun pisang yang mudah rapuh atau pecah.
  • Gunakan juga ekstra plastik agar suhu dingin tetap terjaga.
  • Sebaiknya jangan menggunakan koran yang diperuntukkan untuk membungkus daun pisang. Hal tersebut hanya akan membuat daun pisang bertambah lembap.

(Baca juga: Cara Packing Buah untuk Dikirim agar Tetap Fresh Sampai Tujuan)

Persiapan yang Harus Dilakukan

  1. Memperhatikan Tempat Penyimpanan

Tempat menyimpan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan sebagai cara packing daun pisang untuk ekspor ke luar negeri. Kesegaran daun pisang harus terjaga dengan suhu yang sesuai yaitu mulai dari 1 derajat Celsius sampai 24 derajat Celsius.

Untuk tetap menstabilkan suhu, simpanlah daun pisang pada tempat yang khusus disiapkan untuk mengirim daun pisang seperti kulkas atau showcase.

Sebelum mengirim daun pisang, potonglah batang daun pisang agar kesegarannya tetap terjaga. Selain itu, sebelum mengirim daun pisang, sangat dianjurkan untuk membasahi daun pisang terlebih dulu.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan udara masuk ke dalam batang daun pisang agar tak cepat layu dan tahan lama dalam proses pengiriman.

Di samping itu, tujuan dipotongnya batang daun pisang sebelum dikirim adalah untuk menghindari datangnya bakteri dan jamur di dalam perjalanan jauh itu yang bisa membuat daun pisang menjadi rusak.

Langkah-langkah tersebut sangat penting untuk diterapkan sebagai tata cara packing daun pisang untuk ekspor agar kesegarannya tetap terjaga. Di samping itu Anda dapat menghemat wadah atau tempat yang dapat digunakan ketika proses mengirimkan daun pisang.

Agar daun pisang tidak tercecer, sangat disarankan untuk menggunakan karet gelang untuk mengikatnya. Kemudian daun pisang harus dibungkus dengan kain serta plastik agar kandungan air dalam daun pisang tetap terjaga dan tidak menguap.

Persiapan Yang Harus Dilakukan
Persiapan Yang Harus Dilakukan
  1. Memindahkan Daun Pisang

Bagaimana cara packing daun pisang untuk ekspor dengan sukses dan tidak rusak selama dalam perjalanan? Sangat disarankan untuk meletakkannya dengan posisi terbaring di dalam tempat khusus yang sesuai ukurannya.

Karton kardus adalah salah satu pilihan terbaik wadah untuk mengirim daun pisang. Lalu pastikanlah besaran wadah tersebut harus sama dengan besar daun pisang yang akan dikirim.

Setelah mengetahui cara packing daun pisang untuk ekspor, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui jasa ekspedisi terbaik. Apabila ingin kirim barang ke luar negeri dengan cepat dan sukses, sangat disarankan untuk memilih Repack ID sebagai jasa ekspedisi andalan Anda. Selain harganya yang terjangkau, pengiriman barang ke luar negeri pun terpercaya dan aman.