Cara Packing Buah untuk Dikirim agar Tetap Fresh Sampai Tujuan

Mungkin masih ada beberapa orang yang bingung cara packing buah untuk dikirim agar tetap segar hingga ke tujuan. Namun tahukah Anda cara mengemas buah sampai ke tujuan dan tetap fresh seperti sedia kala?

Cara Packing Buah Untuk Dikirim
Cara Packing Buah Untuk Dikirim

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjaga buah agar tetap segara selama proses pengiriman.

Cara Packing Buah untuk Dikirim Hingga ke Tujuan

  1. Memeriksa Kualitas Buah

Periksalah kualitas buah  ketika Anda menerimanya dari supplier atau dari kebun sendiri. Ciri-ciri buah yang berkualitas adalah buah yang tidak layu dan warnanya masih cerah. Apabila Anda mendapatkan buah yang sudah rusak atau busuk, sangat dianjurkan untuk memisahkannya dari buah lainnya. Kirim buah segar tersebut saat masih fresh.

  1. Stock Buah Sesuai Permintaan

Periksalah permintaan tertinggi agar buah tetap segar selama penyimpanan dan tidak busuk. Dengan melakukan hal tersebut, maka buah akan terhindar dari busuk selama proses penyimpanan. Anda juga harus sering mengecek pasar di mana Anda menjual buah itu. Survei bisa dilakukan di tempat-tempat tersebut atau juga mengecek para pesaing secara online.

(Baca juga: Cara Packing Barang Agar Tidak Kena Volume)

  1. Menggunakan Kemasan yang Sesuai

Mengetahui cara mengemas buah untuk dikirim ke luar negeri tentu saja sangat penting. Mengirim buah dalam kemasan ditujukan untuk mencegah kelembaban. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa kualitas dan kesegaran buah menjadi menurun. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah langkah-langkah mengirim buah yang benar.

  • Mengemas buah di plastik yang telah tersegel
  • Untuk membuat suhu agar tetap terjaga ketika menggunakan box, tambahkan selotip di setiap sisinya.
  • Pisahkan buah berdasarkan jenisnya, contoh pisang dalam satu plastik dan apel di plastik lainnya
  • Untuk mengirim buah yang keras seperti apel dan jeruk, gunakanlah kotak kayu
  • Untuk buah yang kecil dan mudah rapuh seperti anggur atau strawberry, gunakanlah kontainer plastik
  • Ketika mengemas buah yang rapuh dan mudah lembek seperti terong atau peach, tambahkanlah soft foam
  • Untuk menjaga temperatur agar tetap dingin, tambahkan plastik ekstra
  • Tidak disarankan untuk menggunakan koran untuk membungkus buah hanya akan menambah kelembaban
  1. Menyediakan Ruang Bernafas bagi Buah
Menyediakan Ruang Bernafas Bagi Buah
Menyediakan Ruang Bernafas Bagi Buah

Setelah dipanen, buah masih segar. Buah yang masih segar tentu saja menyerap oksigen dan karbon dioksida pun masih dikeluarkan bahkan ketika sudah dikemas. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyediakan ruang bernafas bagi buah tersebut. Contohnya, apel bisa menyerap aroma yang ada di sekitarnya, oleh karena itu pisahkan apel dari buah lainnya.

  1. Menjaga Temperatur

Tujuan utama ketika mengirimkan buah segar adalah menjaga temperatur sesuai dengan suhu ruangan. Suhu yang dianjurkan adalah setidaknya 25 derajat Celsius untuk waktu pengiriman 1 hingga 2 hari. Pastikanlah buah agar tetap berada dalam suhu dingin hingga ke tujuan agar buah tidak layu dan rusak.

Salah satu cara packing buah untuk dikirim ke luar negeri adalah dengan menggunakan kontainer Styrofoam. Ice gel pack juga bisa ditambahkan untuk pengiriman jarak jauh agar mutu kesegaran buah tetap terjaga.

  1. Memilih Ekspedisi yang Cepat

Cara packing buah untuk dikirim melalui ekspedisi tentu saja harus memahami waktu. Anda harus memastikan kemasan buah yang digunakan sesuai dengan standar dan buah dapat terjaga kesegarannya.

Untuk itu, cara packing buah untuk dikirim agar tetap segar ke luar kota dan ke luar negeri, Repack ID adalah pilihan yang tepat. Ekspedisi tersebut sangat cepat apalagi jika ingin kirim paket ke luar negeri.