Pengumuman: Pengiriman paket ke Rusia, Ukrania, & Belarus sementara ditangguhkan.

Tips Ekspor Buah dari Indonesia Agar Tidak Cepat Busuk

Ekspor buah dari Indonesia kian meningkat di pasar internasional. Ini disebabkan karena buah-buahan dari Indonesia memiliki kualitas tinggi. Bahkan, buah-buahan dari Indonesia mampu menyumbang nilai ekspor tertinggi untuk sektor pertanian.

Ekspor Buah Dari Indonesia
Ekspor Buah Dari Indonesia

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak keberagaman dan keunikan. Salah satunya adalah jenis-jenis buah yang ada di Indonesia. Jadi tak heran lagi jika buah-buahan di Indonesia banyak diminati oleh masyarakat dunia.

Tips ekspor buah dari Indonesia sampai masih segar

  • Perhatikan Jenis Buah

Saat ingin mengirim buah ke luar negeri, sebaiknya perhatikan dulu jenis buah yang ingin dikirim. Pastikan buah-buah tersebut adalah jenis buah yang tidak mudah busuk ataupun matang. Sebab, perjalanan ke luar negeri cenderung memakan waktu yang cukup lama.

Jika tidak diperhatikan dengan baik, maka buah akan membusuk ataupun terlalu matang ketika tiba di negara tujuan. Selain itu, memastikan buah agar bersih juga penting. Jika buah sudah dicuci bersih, lapisi lagi dengan kertas agar tidak ada debu menempel.

  • Kemas dengan Baik

Perhatikan juga kemasan buah apabila ingin ekspor buah dari Indonesia ke luar negeri. Sebab, ada beberapa jenis buah yang mudah sekali hancur ataupun rusak apabila tidak hati-hati.

Agar buah aman, Anda bisa mengemasnya dengan menggunakan kotak kayu yang memiliki tutup rapat. Bila diperlukan Anda juga bisa menambahkan plastik nilon dengan metode vakum. Kegunaan plastik nilon agar kesegaran buah tetap terjaga dan aman saat di perjalanan.

  • Tambahkan Packing Ekstra

Buah merupakan produk yang cukup riskan karena mudah sekali matang ataupun busuk jika tidak ditangani dengan baik. Jadi itulah sebabnya sangat penting untuk menambahkan packing ekstra agar aman.

Saat mengirim buah, selain menggunakan kotak kayu Anda juga bisa menambahkan bubble wrap beberapa lapis. Atau bisa juga menggunakan kardus kayu yang tebal. Selain itu, Anda juga wajib melapor kepada pihak jasa pengiriman agar paket ditempelkan stiker khusus.

(Baca juga: Cara Packing Keramik ke Luar Negeri dengan Pengamanan Ekstra)

  • Memahami Waktu Pengiriman

Cara ekspor buah dari Indonesia selanjutnya ialah memahami lama waktu pengiriman yang diberikan. Ada beberapa pilihan waktu yang diberikan, jadi sebaiknya pahami terlebih dahulu agar paket tetap aman.

Hal yang perlu diketahui adalah, biasanya jasa pengiriman menawarkan layanan sameday khusus mengirimkan makanan. Karena buah akan dikirim ke luar negeri, jadinya Anda bisa memilih layanan yang paling singkat. Dengan begitu kesegaran buah akan tetap terjaga saat sampai di tangan pembeli.

  • Pilih Jasa Pengiriman Terbaik

Selain memahami waktu pengiriman, Anda juga wajib memiliki jasa pengiriman terbaik agar paket aman dan tetap terlindungi. Walaupun saat ini sudah ada banyak jasa pengiriman yang menawarkan layanan kirim paket ke luar negeri, Anda harus tetap teliti.

Sebab, jasa pengiriman terpercaya akan memperlakukan paket Anda sebaik mungkin. Terlebih lagi jika paket yang dikirim termasuk ke dalam jenis makanan. Bahkan nantinya mereka juga akan menambahkan stiker agar para pegawai tidak membanting paket tersebut.

Jadinya paket Anda akan aman dan tidak akan mengalami kerusakan sedikit pun. Kalaupun terjadi kerusakan akibat kelalaian, jasa pengiriman terpercaya akan menggantinya 100 persen dengan yang baru.

Demikianlah tadi beberapa tips ekspor buah dari Indonesia agar buah tetap segar. Kirim barang ke luar negeri memanglah tidak mudah, tetapi Anda tak perlu khawatir. Sebab saat ini sudah ada banyak jasa pengiriman yang menawarkan layanan tersebut, dengan begitu kegiatan kirim paket akan menjadi lebih cepat, mudah, dan aman.