Tips Membungkus Makanan yang Baik untuk Dikirim ke Luar Negeri

Jika Anda berjualan makanan maka ketahui tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri. Pengemasan makanan yang dikirim ke luar negeri tentu harus lebih kokoh, karena jarak dan waktu pengiriman yang lebih panjang. Tak hanya aman tapi makanan yang dikemas tersebut juga harus higienis dan tetap sehat.

Tips Membungkus Makanan Yang Baik Untuk Dikirim Ke Luar Negeri
Tips Membungkus Makanan Yang Baik Untuk Dikirim Ke Luar Negeri

Apalagi jika jenis makanan yang dikirim adalah makanan basah maka jangan mengemasnya secara asal. Karena makanan basah lebih mudah basi dibanding makanan beku atau kering. Jadi, pastikan terlebih dulu bagaimana pengemasan makanannya dan jenis makanan apa yang akan dikirim.

4 Tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri

  1. Makanan Harus dalam Kondisi Segar

Makanan yang akan dikirim ke luar negeri harus dalam kondisi segar. Bukan jenis makanan yang sudah disimpan dalam waktu lama. selain itu, kemas makanan saat sudah dingin seperti suhu ruangan. Supaya penerima makanan lebih aware dengan makanan yang dikonsumsi, tulis tanggal pembuatan makanan tersebut.

Namun akan lebih baik jika makanan yang Anda kirim ke luar negeri adalah jenis makanan kering. Karena daya tahannya lebih lama dibanding makanan basah.

  1. Menggunakan Styrofoam Khusus Makanan

Sebelum dikemas dengan bahan yang kokoh dan kuat ada baiknya Anda gunakan styrofoam terlebih dulu. Setelah itu lapis dengan bahan lainnya misanya bubble wrap atau plastik khusus yang tebal. Tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri dan aman bisa diterapkan pada makanan kering/basah.

  1. Menggunakan Vacum Sealer

Anda juga bisa membungkus makanan dengan jenis kemasan yang kedap udara. Gunakan saja alat vacuum sealer yang fungsinya adalah untuk menghilangkan oksigen dalam kantong plastik.

Karena jika tidak ada oksigen maka tidak akan muncul bakteri di sana dan makanan tidak mudah basi. Agar bisa divacuum maka gunakan plastik yang khusus yaitu plastik berbahan nylon.

Baca Juga: (Produk Dalam Negeri yang Laris Dijual di Luar Negeri, Apa Saja?)

  1. Menambahkan Ice Gel

Untuk jenis makanan yang berupa makanan beku Anda harus menjaga suhu makanan tersebut. Supaya tidak muncul bakteri yang membuat makanan cepat membusuk. Anda bisa menambahkan ice gel di dalam kotak pembungkusnya. Ketahanan dari ice gel tersebut biasanya berbeda-beda, maka pilih ice gel yang kualitasnya baik.

Langkah dan tata cara mengemas makanan basah

Jika Anda ingin mengirim makanan basah ke luar negeri, ikuti tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri:

  1. Gunakan wadah yang kuat terlebih misalnya menggunakan plastic bag, thin wall dan sebagainya.
  2. Lalu masukkan makanannya pada plastik terlebih dulu dan ikat dengan kuat. Agar lebih aman dan makanan basah tidak meluber ke luar.
  3. Bungkus makanan dengan menggunakan papar bag yang kuat dan kokoh dan pastikan pengemasannya juga rapi. Supaya makanan bisa terbungkus dengan sempurna dan bisa mengurangi tekanan yang berasal dari luar. Makanan juga tak akan mudah hancur walaupun kena timpa barang lain saat dikirim.
  4. Kemudian gunakan juga plastik bubble wrap agar lebih aman dan tak ada tekanan lagi dari luar.
  5. Pilih kardus yang kuat dan kokoh untuk melindungi bagian luar makanan. Semakin berkurang tekanan maka akan semakin kecil kemungkinan makanan tersebut bocor di perjalanan.
  6. Beri label pada barang yang dikirim supaya jasa pengirim akan lebih berhati-hati ketika melakukan proses bongkar dan muat barang.

Tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri di atas bisa menjadi referensi yang tepat. Terutama jika ingin kirim paket ke luar negeri.