Cara Packing Mebel Kayu ke Luar Negeri Dengan Aman

Cara packing mebel kayu ke luar negeri adalah trik yang harus dikuasai oleh pebisnis bidang ekspor dan impor. Dengan demikian, produk yang akan dikirim  menjadi aman hingga negara tujuan.

Cara Packing Mebel Kayu Ke Luar Negeri
Cara Packing Mebel Kayu Ke Luar Negeri

Lantas adakah trik khusus untuk furniture produk artistik agar mempunyai  pengemasan yang aman dan terbaik? Apalagi saat ini, permintaan furniture unik asal Indonesia sedang digandrungi oleh Liberia, Maroko, Aljazair dan negara Timur  tengah.

Cara packing mebel kayu ke luar negeri dengan desain unik

  • Tampilan Kemasan Unik

Cara agar pengemasan unik, diperlukan adanya desain yang juga unik sesuai dengan isi dari paketan. Dalam pengemasannya harus melihat beberapa faktor yaitu ukuran, bahan furniture dan harga produk.

Jenis pengemasan harus disesuaikan agar keamanan barang dapat terjaga hingga negara tujuan. Cara pengemasan yang aman dan terbaik adalah tidak terdapat ruang kosong. Dengan begitu, barang yang sudah dikemas tidak akan mengalami risiko kerusakan. Barang tidak akan rusak hingga negara tujuan dan selamat.

  • Memilih Bahan Pengemasan

Cara mengirimkan paket mebel kayu ke luar negeri menggunakan bahanyang berbeda sesuai dengan isi dari paket. Contohnya adalah kardus, plastik, kayu dan karton semua jenis material mempunyai penggunaan dalam hal packing barang.

Kardus digunakan dalam pengemasan paket agar barang terjaga dengan aman oleh paket lain. Sedangkan untuk bahan plastik dipakai oleh pihak pengirim atau ekspedisi supaya terhindar dari tetesan  air. Bahan kayu adalah material paling kokoh dan aman sebagai pelindung untuk packing luar. Dengan begitu, paket tidak akan rusak jika berbenturan dengan yang lain.

  • Melepas Bagian yang Dapat Dilepaskan

Bahan yang sudah disiapkan untuk dipaket dan didesain sesuai dengan isi barang. Tahap selanjutnya siap untuk proses packing dan pastikan barang dalam keadaan kering dan bersih. Paket harus terhindar dari kotoran atau debu yang menempel  pada barang. Anda dapat melepas unit yang bisa dilepas, jika furniture  tersebut adalah kategori bongkar pasang.

Perangkat pendukung dari furniture harus disimpan di dalam plastik agar tidak hilang. Contohnya adalah mur, baut dan sekrup merupakan barang penting dari paket yang rentan hilang jika tidak dimasukkan ke dalam plastik.

  • Membungkus Pada Sudut Paket

Furniture dari bahan kayu akan rentan rusak jika tidak diberikan  pengaman pada bagian sudut. Oleh sebab itu, solusinya adalah dengan membungkus bagian sudut menggunakan karton. Karton bergelombang dapat dipakai sebagai bahan untuk membungkus paket. Bahan lain adalah dengan menggunakan bubble wrap untuk melapisi paket.

Paket yang telah dilapisi bahan pendukung harus diberikan tali rafia agar lebih kokoh dan kuat. Lakban juga dapat dipakai untuk menguatkan paket supaya lebih aman.

(Baca juga: Cara Packing Daun Pisang Untuk Ekspor ke Luar Negeri)

  • Membungkus Secara Berlapis

Paket adalah barang yang sangat rentan rusak jika dalam pengemasannya kurang rapi. Oleh sebab itu, setiap bagian sudut harus menggunakan kardus dan dilapisi dengan bahan lain.

Jika pada bagian sudut sudah diberikan lapisan, maka saatnya pada bagian lain dibungkus menggunakan material berbeda supaya lebih kokoh. Packing pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan lapisan plastik bisa juga dengan bubble wrap. Lapisan yang kedua adalah styrofoam yang merupakan bahan bagus dalam meredam benturan. Cara ini digunakan agar paket yang akan dikirim lebih aman sampai  tujuan.

  • Memasang Stiker Peringatan

Cara packing furniture kayu ke luar negeri selanjutnya adalah menggunakan stiker. Anda dapat memberikan label pada paket  yang dikirim dengan memasang stiker peringatan. Contohnya adalah paket yang berisikan barang pecah belah atau yang gampang rusak. Stiker akan ditempel pada barang yang sudah rapi dalam pengemasan dan siap untuk diserahkan ke jasa ekspedisi.

Dengan begitu, maka pihak ekspedisi  akan mengetahuinya barang tersebut adalah yang mudah rusak. Kurir akan mengetahuinya dan ditempatkan pada bagian kargo khusus.

Cara packing mebel kayu ke luar negeri sangat simpel, jika Anda mengetahui langkahnya. Dengan menggunakan ilmu packing, maka kirim paket ke luar negeri menjadi lancar dan tanpa kendala.