Cara Packing Coklat agar Tidak Meleleh Dalam Perjalanan

Cara packing coklat agar tidak meleleh adalah hal penting selain juga agar kemasan terlihat cantik. Hal tersebut adalah untuk menjaga agar produk berbahan coklat yang dikirim aman dalam proses pengiriman hingga sampai ke tujuan.

Cara Packing Coklat Agar Tidak Meleleh
Cara Packing Coklat Agar Tidak Meleleh

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengemas coklat agar tak meleleh dalam perjalanan.

Cara Packing Coklat Agar Tidak Meleleh dan Aman

1. Kotak Pengiriman

Yang perlu Anda pastikan adalah wadah pengiriman yang harus 2 kali lebih besar dibandingkan produk yang akan dikirim. Hal tersebut harus dilakukan untuk menyediakan ruangan dalam kemasan agar produk Anda terlindungi. Ada beberapa opsi yang bisa digunakan seperti kotak Styrofoam, kardus berinsulasi, atau kardus berkorugasi.

2. Bahan Bantalan

Agar produk yang dikirim dipastikan aman, cara packing coklat agar tidak meleleh saat pengiriman adalah mengisi ruangan dengan bahan yang digunakan untuk membuat produk terlindungi dari benturan dan guncangan. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan seperti air cushion, kertas kraft berkorugasi, bubble wrap dan lain-lain.

3. Ice Gel

Aga produk yang ingin dikirim dapat tetap dingin ketika dalam perjalanan, sebaiknya untuk menggunakan cold pack dan ice gel. Sangat disarankan untuk membungkus ice gel dengan menggunakan plastik agar perpindahan panas berkurang dan agar kemasan produk tidak basah akibat ice gel yang terkondensasi.

4. Gunakan Selotip untuk Melapisi Kemasan Terluar

Tips cara packing coklat agar tidak meleleh berikutnya adalah menutup bagian tepi dan sudut kotak menggunakan selotip untuk membuat kotak kemasan rapat. Selain itu juga bisa mempengaruhi suhu lingkungan.

Memastikan Coklat Berada Dalam Keadaan Dingin Sebelum Dikirim
Memastikan Coklat Berada Dalam Keadaan Dingin Sebelum Dikirim

5. Memastikan Coklat Berada Dalam Keadaan Dingin Sebelum Dikirim

Sebelum dikirim, pastikanlah coklat dalam keadaan yang dingin karena hal tersebut sangat penting. Namun ada sejumlah produk yang memang harus disimpan di dalam ruangan yang sesuai suhunya agar rasanya tak berubah. Sangat penting untuk memastikan apakah barang tersebut bisa disimpan di lemari pendingin atau tidak.

Pastikanlah bahwa coklat yang ingin Anda kirim tidak terkena sinar matahari atau sumber panas secara langsung. Di samping iu, apabila produk berbahan coklat dipanggang atau dimasak, pastikan kemasan jangan ditutup terlalu rapat ketika dalam keadaan masih panas. Tunggulah beberapa menit hingga produk coklat tersebut dingin sebelum mengemasnya.

Perlu juga untuk menambahkan note kecil pada kemasan atau produk yang akan dikirim dengan mencantumkan tanggal produksi. Dengan melakukannya penerima paket akan mengetahui jangka waktu untuk mengonsumsi coklat tersebut. Bukan hanya itu, pada note itu juga bisa ditambahkan tata cara untuk menyimpan produk agar bisa bertahan lama.

(Baca juga: Cara Packing Celana Dalam Agar Tetap Rapi dan Tidak Rusak)

Memilih Jasa Ekspedisi yang Cepat

Proses pengiriman coklat harus dilakukan secepat mungkin karena produk tersebut mudah meleleh. Selain mengetahui bagaimana cara packing coklat agar tidak meleleh, pastikan juga coklat sampai ke tangan yang pembeli dengan aman.

Sangat penting untuk memilih opsi proses pengiriman Same Day, Instant atau Ekspress dari jasa ekspedisi yang terpercaya. Walaupun biaya yang harus dikeluarkan pada umumnya lebih mahal untuk jenis pengiriman ini. Layanan tersebut bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan produk pada proses pengiriman dan juga mempersingkat waktu agar barang cepat sampai.

Apabila pilihan proses pengiriman tidak memungkinkan, sebaiknya pilih jasa ekspedisi yang menawarkan pilihan proses pengiriman yang menyediakan pendingin.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk memilih Repack ID sebagai jasa ekspedisi pilihan. Terutama untuk kirim barang ke ke luar negeri setelah mengetahui cara packing coklat agar tidak meleleh.