Pengumuman: Pengiriman paket ke Rusia, Ukrania, & Belarus sementara ditangguhkan.

Pengemasan dan Cara Kirim Kopi Green Bean ke Luar Negeri

Cara kirim kopi green bean ke luar negeri cukuplah mudah. Sebab Anda tidak perlu lagi mengolah biji kopi tersebut menjadi sebuah olahan. Apa itu green bean? Green been sendiri adalah biji kopi mentah yang berwarna hijau. Walaupun tidak diolah, green bean juga harus melalui beberapa tahap agar menghasilkan biji green bean yang berkualitas.

Cara Kirim Kopi Green Bean Ke Luar Negeri
Cara Kirim Kopi Green Bean Ke Luar Negeri

Green been kopi diketahui memiliki kandungan oksidan yang tinggi, serta mampu merontokkan lemak berlebih di badan. Bahkan sebuah penelitian juga mengatakan jika green bean mampu membakar lemak tanpa diet ketat dan olahraga. Lalu, bagaimana cara mengemas kopi green bean untuk dikirim ke luar negeri?

Pengemasan dan cara kirim kopi green bean ke luar negeri

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Tujuan pengemasan kopi adalah agar kualitas rasa dan aroma kopi tetap terjaga. Terlebih lagi jika kopi tersebut ingin dikirim ke pada luar negeri. Berikut ini tips bagi Anda yang ingin mengemas kopi agar tetap terjaga kualitasnya:

  • Gunakan wadah khusus agar kopi lebih mudah diambil saat dikemas. Misalnya menggunakan aluminium foil.
  • Pastikan jika kemasan yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan pembeli. Entah itu ukuran, warna kemasan, ataupun spesifikasi lainnya.
  • Saat ingin memasukkan green bean ke dalam kemasan, sebaiknya hitung dulu dengan menggunakan timbangan. Dengan begitu isi kemasan sesuai dengan permintaan pembeli.
  • Masukkan Kopi

Cara kirim kopi green bean ke luar negeri yang baik dan benar berikutnya adalah memasukkan green bean ke dalam kemasan. Saya memasukkan biji kopi, gunakan sendok bersih agar kualitasnya tetap terjaga.

Masukkan biji kopi ke dalam kemasan yang sesuai dengan takaran permintaan pembeli. Jangan lupa, agar lebih mudah gunakan kemasan yang sesuai dengan berat isi. Misalnya 50 gr, 100 gr, 250 gr, atau kemasan lainnya.

(Baca juga: Standar dan Tata Cara Jual Kopi ke Luar Negeri)

2. Timbang Berat Kopi

Agar sesuai dengan label kemasan, pastikan jika Anda menimbang biji kopi tersebut. Jika Anda menggunakan berat bersih, maka bobot kemasan tidak akan dihitung. Dengan begitu pembeli akan mendapatkan biji kopi yang sesuai dengan keterangan kemasan.

Jika Anda menggunakan kaleng atau stoples kaca, maka timbang dulu kemasan tersebut dalam keadaan kosong. Pada timbangan terdapat fungsi TARE agar dapat menghitung bobot lebih presisi. Atau Anda juga bisa menggunakan timbangan analitik agar hasilnya lebih akurat.

3. Tutup Rapat Kemasan

Apabila berat sudah sesuai dengan yang diinginkan, segera tutup kemasan kopi dengan segel. Tapi pada beberapa kemasan sudah dilengkapi lock zipper, dengan begitu kegiatan mengemas kopi akan menjadi lebih mudah.

Tetapi, jika kemasan yang Anda gunakan tidak memiliki lock zipper, Anda juga bisa menggunakan mesin sealer. Ada tiga jenis mesin sealer di pasaran, yakni manual, semi otomatis, dan full otomatis.

Tujuan merapatkan kemasan kopi adalah untuk melindungi kopi dari panas, air, dan udara. Dengan begitu kopi bisa sampai dengan aman ke luar negeri tanpa berubah sama sekali rasanya.

4. Pasang Label

Cara kirim kopi green bean ke luar negeri agar aman dan tidak ditahan oleh pihak bea cukai, jangan lupa untuk memasang label. Label pada kopi berfungsi agar produk Anda tampak lebih profesional. Dengan begitu pihak bea cukai tidak akan curiga mengenai produk yang akan Anda kirimkan ke pasar luar negeri.

5. Packing dengan Baik

Setelah dikemas, kopi juga harus dipacking kembali agar lebih aman saat dikirim melalui jasa ekspedisi nantinya. Jangan lupa, gunakan bubble wrap atau tambahan packing kayu. Tujuannya agar kemasan kopi tidak pecah saat di perjalanan ke luar negeri.

Demikianlah tadi informasi pengemasan dan cara kirim kopi green bean ke luar negeri. Saat ingin melakukan kegiatan kirim barang ke luar negeri, pastikan jika packing yang Anda gunakan sudah sesuai dengan produk. Misalnya Anda ingin mengirimkan produk yang mudah pecah, maka gunakanlah tambahan packing kayu. Dengan begitu produk akan sampai ke tangan pembeli dengan aman.