Tips Mengirim Barang Elektronik ke Luar Negeri Untuk Diekspor

Ikuti tips mengirim barang elektronik ke luar negeri agar aman selama di perjalanan dan negara tujuan. Kebanyakan orang memilih untuk membeli barang elektronik dari Indonesia karena harganya yang lebih murah. Untuk memastikan bahwa klien Anda mendapatkan barang tersebut dalam keadaan sempurna, maka harus hati-hati saat mengemasnya.

Tips Mengirim Barang Elektronik Ke Luar Negeri Untuk Diekspor
Tips Mengirim Barang Elektronik Ke Luar Negeri Untuk Diekspor

Jangan lupa bahwa barang elektronik tersebut akan melalui jarang yang panjang untuk waktu yang cukup lama pula. Karena itulah barang harus dikemas sedemikian rupa untuk menjaga keamanannya. Dengan demikian ekspor bisa berjalan dengan lancar dan klien akan puas. Ikuti tips pengiriman barang elektronik di bawah ini agar pengiriman ke luar negeri lebih lancar.

Tips Mengirim Barang Elektronik ke Luar Negeri yang Aman

  1. Jangan Melapisi Layarnya dengan Koran

Melapisi barang elektronik dengan menggunakan koran ketika pengiriman masih banyak dilakukan hingga saat ini. Misalnya pengiriman alat elektronik seperti televisi, layar komputer, dan sebagainya.

Hal itu malah akan membuat bagian layar alat elektronik tersebut menjadi mudah lecet. Namun gunakan saja handuk atau lapisan lain yang bahannya lebih lembut dan halus untuk melapisi bagian layar tersebut.

  1. Menggunakan Bubble Wrap

Hal lainnya yang juga harus diperhatikan dalam mengirim barang elektronik ke luar negeri adalah penggunaan bubble wrap. Bungkus benda elektronik tersebut dengan bubble wrap agar lebih aman di proses pengiriman.

Apalagi untuk barang-barang elektronik yang ringkih seperti misalnya laptop, handphone, tablet dan sebagainya. Barang tersebut biasanya memerlukan pengamanan yang ekstra karena harganya cukup mahal dan mudah rusak jika terbentur.

Sehingga nanti saat dikemas dengan kardus barang tidak mudah rusak atau pecah. Pemakaian bubble wrap akan menjadi salah satu tips mengirim barang elektronik ke luar negeri dengan aman.

Baca Juga: (Sederet Keunggulan Kirim Paket ke Luar Negeri Via Laut Untuk Eksportir)

  1. Menggunakan Styrofoam

Tahap paling awal dalam mengemas barang elektronik yang akan dikirim ke luar negeri adalah dengan menggunakan Styrofoam agar lebih kuat. Biasanya untuk barang elektronik tertentu ada yang memiliki desain Styrofoam yang disesuaikan dengan bentuk barangnya. Bahan styrofoam yang cenderung empuk bisa mengurangi tingkat benturan pada barang elektronik apalagi yang berupa gadget.

  1. Menggunakan Packaging Peti Kayu

Jika ukuran barang elektronik yang Anda kirim ke luar negeri berukuran besar maka gunakan peti kayu saja. Biasanya peti kayu lebih kuat dalam melindungi barang elektronik tersebut. Sesuaikan ukuran peti kayu tersebut dengan ukuran barang elektronik yang akan dikirim agar pas.

  1. Jangan Menyisakan Ruang di dalam Kardus

Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tak terjadi seperti barang pecah/rusak maka jangan sisakan celah di dalam kardus. Bungkus barang elektronik dengan rapat dan bisa juga gunakan selimut/bantalan yang halus dan empuk. 

  1. Menggunakan Jasa Kirim Terpercaya

Ada banyak pilihan jasa pengiriman barang elektronik yang bisa Anda pilih. Pastikan bahwa jasa kirim yang Anda pilih memang sudah terpercaya dan terbukti aman ketika mengirim barang tersebut. Pilih juga jasa kirim barang yang memiliki fitur keamanan yang lengkap sebagai tips mengirim barang elektronik ke luar negeri dan tarifnya selanjutnya.

Misalnya memiliki nomor resi dan sistem tracking yang akan memudahkan Anda dalam memantau posisi barang. Biasa jasa ekspedisi akan mengirim foto bukti pengambilan barang, kemudian pengantaran barang dan live tracking. Selain itu, pastikan jasa kirim barang tersebut melayani pengiriman ke banyak tempat tujuan.

Beberapa tips mengirim barang elektronik ke luar negeri di atas bisa menjadi panduan yang tepat. Terutama bagi Anda yang ingin kirim barang ke luar negeri untuk diekspor.