Ketentuan Kirim Sambal ke Luar Negeri Agar Lolos Inspeksi

Bagi masyarakat Indonesia, sambal adalah kebutuhan utama setelah air mineral. Di luar negeri sendiri sambal kurang diminati karena masyarakatnya cenderung tidak menyukai pedas. Itulah sebabnya sebagian masyarakat Indonesia mulai banyak melakukan kirim sambal ke luar negeri. Tujuannya agar WNI yang ada di luar negeri bisa merasakan sambal buatan Indonesia.

Kirim Sambal Ke Luar Negeri
Kirim Sambal Ke Luar Negeri

Jika Anda juga ingin mengimpor sambal ke luar negeri, maka ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Tujuannya agar sambal bisa sampai dengan aman ke negara tujuan ekspor.

Ketentuan kirim sambal ke luar negeri

  • Produk Sudah BPOM

Lisensi BPOM produk sangat penting, tujuannya agar produk tersebut sudah teruji dan memiliki kandungan yang aman dan layak untuk dikonsumsi. Tak hanya itu saja, lisensi BPOM juga digunakan sebagai lisensi untuk proses pengiriman di negara tujuan.

Jika produk sudah memiliki lisensi BPOM, maka akan ada sertifikat pendukung lain yang berupa sampel, label, dan hasil uji. Jika produk yang akan dikirim tidak memiliki lisensi BPOM, maka produk tersebut akan dihancurkan oleh pihak berwenang.

  • Label Komposisi

Tips kirim sambal ke luar negeri selanjutnya ini memastikan jika sambal yang ingin Anda impor sudah memiliki label komposisi. Sebagai pemilik usaha, Anda perlu menjamin jika produk yang dijual aman untuk dikonsumsi. Itulah sebabnya label komposisi wajib tercantum di kemasan sambal.

Setiap negara tentunya menerapkan aturan dan kebijakan yang berbeda-beda terkait bahan makanan. Agar lebih aman, baiknya label komposisi menggunakan dua bahasa. Salah satunya bahasa Inggris dan salah satunya bahasa Indonesia.

  • Tanggal Kadaluwarsa

Selain label komposisi, tanggal kadaluwarsa pada produk pun tak kalah penting. Sebab, sambal adalah produk yang bisa awet hingga berbulan-bulan lamanya. Jadi sangat penting untuk menuliskan tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa sambal di kemasannya.

Pada sambal bubuk atau kemasan jar, biasanya memiliki masa simpan yang jauh lebih panjang. Jadi segel produk tersebut dengan baik di dalam suhu ruangan agar dapat awet hingga bertahun-tahun. Tujuan penulisan tanggal kadaluwarsa untuk mengetahui keamanan produk untuk dikonsumsi.

(Baca juga: Kirim Bumbu Pecel ke Luar Negeri yang Aman dan Syaratnya)

  • Merek Sudah Terdaftar

Dalam proses kirim sambal ke luar negeri dari Indonesia, merek produk yang sudah terdaftar sangat penting. Hal ini juga berlaku apabila Anda ingin mengirim sambal ke luar negeri.

Baik itu bahan mentah ataupun sudah dimasak menjadi sambal, untuk dikirim wajib sudah memiliki merek. Atau minimal berbentuk sebuah brand agar siap diedarkan secara luas di pasar internasional.

  • Mengisi Form MSDS

Form MSDS adalah form terlampir khusus untuk pengiriman produk cair, contohnya likuid ataupun sambal. Sebelum diproses, nantinya Anda akan diminta memberikan informasi produk secara rinci.

Pada beberapa perusahaan menyediakan informasi terkait MSDS di website resminya. Tujuan pengisian MSDS untuk menghindari, mencegah, dan menanggulangi segala kecelakaan yang bisa terjadi para produk. Dengan begitu produk akan sampai dengan aman ke negara tujuannya.

  • Packing dengan Baik

Setelah mengisi form MSDS, packing produk yang akan dikirim nanti dengan baik. Tujuannya agar produk tidak pecah saat proses pengiriman nantinya.

Agar lebih aman, pastikan juga jika Anda menggunakan lakban di bagian luarnya aga tidak ada udara yang masuk. Dengan begitu produk Anda terhindar dari segala kerusakan yang bisa saja terjadi.

Itulah tadi ketentuan yang harus dipenuhi apabila Anda ingin kirim sambal ke luar negeri. Hal yang tak kalah penting adalah memilih jasa pengiriman terpercaya agar kegiatan kirim barang ke luar negeri aman. Dengan begitu produk Anda bisa sampai ke negara tujuan tanpa rusak sedikit pun.