Kirim Bumbu Pecel ke Luar Negeri yang Aman dan Syaratnya

Pastikan Anda memenuhi regulasi negara tujuan agar proses kirim bumbu pecel ke luar negeri bisa sampai dengan aman. Di Indonesia sendiri ekspor bumbu pecel sudah banyak dilakukan, bahkan terbilang sukses karena sudah diekspor ke mana-mana. Termasuk ke negara Belanda, Taiwan, Jepang, bahkan ke Australia.

Kirim Bumbu Pecel Ke Luar Negeri
Kirim Bumbu Pecel Ke Luar Negeri

Tak hanya itu saja, salah satu produksi olahan bumbu pecel di Indonesia juga mampu memproduksi hingga 2 ton per bulan. Jadi, jika Anda masih pemula tak perlu ragu untuk ekspor bumbu pecel ke luar negeri.

Langkah-langkah kirim bumbu pecel ke luar negeri

1. Melakukan Registrasi BPOM

Hal terpenting apabila Anda ingin kirim bumbu pecel adalah registrasi BPOM. Badan POM RI sangat menganjurkan untuk melakukan Cek KLIK yang berupa Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluwarsa. Pengecekan tersebut tentunya harus dilakukan untuk mengetahui keamanan produk saat dikonsumsi.

Selain itu, Anda juga wajib menghadirkan legalitas produk dari BPOM saat ingin mengirim bumbu pecel. Jika tidak ada, maka barang akan dikembalikan atau dihancurkan begitu saja.

2. Tanggal Kadaluwarsa

Tips kirim bumbu pecel ke luar negeri selanjutnya adalah pastikan jika bumbu pecel terdapat tanggal kadaluwarsa. Umumnya masa simpan bumbu pecel tidak terlalu lama, terlebih lagi jika bumbu pecel dibuat secara manual.

Tetapi jika produk tersebut buatan pabrik, maka bisa awet hingga berbulan-bulan. Jadi itulah sebabnya wajib melampirkan tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa untuk menghindari pertanyaan dari pihak berwenang.

Tak hanya itu, masa estimasi juga sangat berpengaruh, terlebih lagi jika kemasan produk sudah dibuka. Jadi, pastikan juga Anda memberikan keterangan estimasi terkait ketahanan barang yang sudah dibuka.

(Baca juga: Ekspor Teh ke Luar Negeri untuk Pemula yang Memulai Bisnis)

3. Label Komposisi

Selain tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa, kehadiran label komposisi pada produk juga sangat penting. Label komposisi biasanya berupa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbu pecel itu sendiri.

Tak hanya komposisi, Anda juga wajib memasukkan label nutrisi dan berbagai informasi penting seperti protein, kalori, karbohidrat, dan kandungan lainnya. Biasanya pada bumbu pecel juga terdapat manfaat yang terkandung. Kehadiran label komposisi dan nutrisi bertujuan agar pembeli bisa mengetahui kandungan produk tanpa membuka kemasan.

4. Merek Dagang

Pastikan jika produk yang Anda kirim sudah memiliki merek dagang sebagai proses kirim bumbu pecel ke luar negeri dengan aman. Merek dagang sebuah produk adalah ketentuan dan peraturan yang sudah diterapkan oleh banyak negara.

Apabila bumbu pecel belum memiliki merek atau label, maka produk tidak akan bisa dikirim. Jadi untuk memenuhi syarat ekspor, pastikan jika bumbu pecel Anda memiliki merek dagang agar bisa diedarkan. Tetapi, jika Anda melakukan bisnis reseller cukup tulis secara lengkap saja di bagian packing agar bisa dilacak sebelum dikirim.

5. Memilih Jasa Pengiriman Terpercaya

Pengiriman ke luar negeri tentunya sangat berbeda dengan pengiriman reguler. Ada banyak aturan yang wajib Anda ikuti agar pecel bisa sampai dengan aman ke negara tujuan. Jadi, gunakanlah jasa pengiriman terpercaya dan berpengalaman.

Ada banyak sekali jenis jasa pengiriman yang bisa Anda pilih. Tetapi, pilihlah yang sudah kredibel agar paket bisa diproses dengan baik oleh para pegawainya.

Itulah tadi cara beberapa cara kirim bumbu pecel ke luar negeri. Jika Anda tertarik kirim barang ke luar negeri, pastikan untuk memilih jasa pengiriman terbaik. Tujuannya agar apa yang Anda kirimkan bisa sampai dengan aman ke tangan penerima. Jadinya Anda tak perlu khawatir, dan pembeli pun akan merasa puas bertransaksi dengan Anda.