Persyaratan Kirim Paket Cairan ke Luar Negeri

Kirim paket cairan ke luar negeri harus memenuhi berbagai macam peraturan. Sebab, paket cairan terkadang membahayakan bagi pihak ekspedisi dan barang kiriman lainnya. Contoh paket berbahaya tersebut adalah spiritus, vape, cat dan parfum yang mudah sekali terbakar.

Kirim Paket Cairan Ke Luar Negeri
Kirim Paket Cairan Ke Luar Negeri

Itulah mengapa saat mengirimkan barang berupa cairan atau liquid harus mematuhi prosedur yang berlaku. Berikut ini kami jabarkan beberapa persyaratannya untuk disimak.

Cara kirim paket cairan ke luar negeri

  • Menyertakan Lembar MSDS

Kirim paket ke luar negeri harus menyertakan lembar MSDS. MSDS merupakan berkas yang berisikan mengenai produk keselamatan. Sebab, setiap negara mempunyai aturan dalam mengirim paket cairan. Agar produk tersebut dapat dihandle dengan aman sampai negara tujuan.

Oleh sebab itu, Anda harus teliti dalam menyiapkan berkas agar lolos dalam administrasi. Dengan demikian, pihak ekspedisi mau menerima paket tersebut.

  • Proses Pengemasan

Kirim paket mempunyai prosedur berbeda di setiap negara. Apalagi jika paket tersebut dikategorikan dalam paket berbahaya, maka peraturan harus dipatuhi.

Paket cairan harus dimasukkan dalam botol yang tahan air, kemudian dikemas dan masuk ke dalam kantong plastik. Pastikan bahwa cairan tersebut tertutup dengan rapat dalam kantong yang kedap air. Langkah terakhir segel dan pastikan bahwa cairan tersebut tidak keluar. Agar paket tersebut diterima dengan segera oleh pihak ekspedisi.

  • Menggunakan Pendingin Styrofoam

Pengemasan yang ketat harus diberlakukan terhadap produk cairan berbahaya. Apabila Anda mengirim paket cairan dingin harus masuk ke dalam kotak pendingin styrofoam. Agar produk terhindar dari panas dan menjaga suhu tetap normal.

Selain itu, produk harus dikelilingi dengan gel beku. Fungsi dari gel tersebut adalah agar produk tidak mudah tergelincir dan tetap pada posisinya. Hal ini, dilakukan agar produk tersebut tidak rusak dan terlindung sampai negara tujuan.

  • Packing Dengan Karton

Pelaku usaha ekspor impor diwajibkan berkonsultasi dengan pihak ekspedisi yang sudah dipilih. Konsultasi tersebut umumnya mengenai cara pengemasan yang tepat. Pihak ekspedisi akan menyarankan menggunakan botol kedap air dan harus di selotip pada bagian rawan rusak. Jika sudah dimasukkan ke botol, maka packing menggunakan kardus.

Paket siap untuk dikirim ke pihak ekspedisi, pastikan packing aman. Langkah terakhir paket harus benar aman dan kokoh saat memberikan lakban.

(Baca juga: Jasa Kirim Barang ke Singapura yang Paling Dicari)

  • Label Khusus

Kirim paket cairan ke luar negeri dengan aman, yaitu dengan mematuhi prosedur yang berlaku. Biasanya pihak ekspedisi akan menyarankan memberikan sebuah tanda khusus pada paket.

Sebab, terdapat dua kategori paket cairan berbahaya dan tidak berbahaya. Oleh sebab itu, sebuah label khusus sangat dibutuhkan oleh pihak ekspedisi. Dengan demikian, pihak ekspedisi akan memperlakukan paket secara khusus. Inilah mengapa peraturan dalam mengirim paket cairan harus ketat.

  • Hubungi Ekspedisi

Pelaku usaha ekspor impor harus mempunyai channel ekspedisi untuk mengirim paket cairan. Pihak ekspedisi akan datang ke rumah jika pengirim menelepon. Pengirim akan diberikan berkas yang disebut dengan form commercial invoice serta untuk packing list.

Jika sudah mengisi maka akan diarahkan oleh pihak ekspedisi. Pihak ekspedisi akan melakukan pengecekan yaitu drop off atau pick up dan berakhir dengan mendokumentasikan paket. Itulah cara dalam mengirim paket cairan melalui ekspedisi yang terpilih.

  • Koordinasi Dengan Pihak Penerima

Barang ekspor impor akan dikenakan biaya serta pajak impor. Hal itu, tertuang pada Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199 /PMK 10 /2019. Paket yang dikirim ke luar negeri akan ditanggung oleh penerima barang. Oleh sebab itu Anda harus selalu berkomunikasi dengan sang penerima.

Apabila barang yang sudah dikirim telah tiba di negara tujuan dan tidak segera diambil. Paket tersebut akan dikembalikan ke pengirim dengan membayar atau dihancurkan oleh pihak ekspedisi.

Kirim paket cairan ke luar negeri membutuhkan peraturan yang sangat ketat. Bahkan harus menyertakan surat aman kepada pihak ekspedisi. Oleh sebab itu, pastikan saat kirim barang ke luar negeri, packing harus tertata dengan rapi dan kokoh agar diterima oleh pihak ekspedisi.