5 Kerajinan Tangan yang Laku di Luar Negeri, Nomor 3 Kearifan Lokal!

Kerajinan tangan yang laku di luar negeri buatan Indonesia memang cukup banyak seperti anyaman bambu, wayang, hingga kain batik. Mengapa sejumlah kerajinan khas Indonesia tersebut sangat laku dijual di luar negeri?

Kerajinan Tangan Yang Laku Di Luar Negeri
Kerajinan Tangan Yang Laku Di Luar Negeri

Tentu saja karena mengandung nilai estetika dan filosofi yang unik dan tak ditemukan di negara lain. Selain kerajinan tangan wayang, kain batik dan anyaman bambu, ternyata masih ada beberapa produk khas nusantara yang memang sangat diminati di luar negeri.

Daftar kerajinan tangan yang laku di luar negeri

Berbicara soal list kerajinan tangan asli nusantara yang diminati di luar negeri tentu saja cukup banyak mulai dari makanan, hiasan, pakaian dan lain-lain.

Penasaran, apa saja kerajinan tangan yang laku di luar negeri? Berikut ini adalah beberapa kerajinan tangan khas Indonesia yang menjadi primadona di negeri orang.

  1. Kerajinan Logam dan Batu

Mungkin banyak sebagian orang yang tak menyangka jika kerajinan logam dan batu sangat laku dijual di luar negeri. Batu mulia adalah salah satu kerajinan khas Indonesia yang paling termasyhur. Karena kerajinan itu menjadi perhatian dunia setelah sejumlah pesohor dunia mengenakan batu mulia tersebut.

Di samping itu, kerajinan logam dan batu tersebut juga menawarkan tampilan yang unik, menawan dan sangat cantik. Oleh sebab itu, batu mulia asal Indonesia menjadi bahan dasar untuk membuat beberapa perhiasan di sejumlah negara.

  1. Kain Batik

Kain batik adalah salah satu kerajinan tangan yang laku di luar negeri. Tentu saja itu bukanlah hal yang mengejutkan mengingat kain batik menawarkan kualitas nomor satu dengan desain yang menawan.

Kain batik khas Indonesia memang sangat terkenal di dunia. Beberapa pesohor dunia pun kedapatan sering menggunakan batik dalam beberapa kesempatan. Kain batik sangat termasyhur di luar negeri karena memiliki sejumlah motif dan warna yang memiliki karakter dan keunikan tersendiri tergantung dimana batik tersebut dibuat.

(Baca juga: Ini Dia Cara Menjual Barang ke Luar Negeri dengan Sukses)

  1. Wayang

Wayang adalah salah satu kerajinan tangan yang cukup diminati di luar negeri. Kerajinan dengan kearifan lokal yang melekat dengan budaya Jawa ini nyatanya menjadi salah satu kerajinan khas Indonesia yang laku terjual di luar negeri.

Kerajinan ini diminati banyak wisatawan sehingga produksi wayang di beberapa daerah pun meningkat pesat.

Apabila wayang dulunya lebih sering digunakan untuk berbagai pertunjukkan kedaerahan, namun dewasa ini, kerajinan khas tradisi Jawa ini sudah banyak digunakan untuk mempercantik rumah sebagai hiasan. Hal tersebut terjadi karena wayang ditengarai memiliki nilai seni dan bentuk yang unik.

  1. Kerajinan Kayu

Kerajinan kayu memang cukup unik karena digunakan untuk membuat jam. Hal tersebut mungkin cukup mengherankan apalagi untuk para generasi muda saat ini. Karena, saat ini sering beredar brand jam tangan dengan bahan dasar kayu.

Kerajinan jam tangan dari kayu ini menonjolkan kreativitas, seni dan keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di mana pun. Tak heran jika kerajinan kayu yang satu ini menjadi salah satu dari sejumlah kerajinan tangan yang laku di luar negeri.

  1. Anyaman Bambu
Anyaman Bambu
Anyaman Bambu

Anyaman bambu yang sering dijual di luar negeri pada umumnya berupa alat-alat rumah tangga seperti kursi dan tudung saji. Namun aksesoris rumah pun juga menjadi produk kerajinan bambu yang juga banyak diminati.

Barang-barang yang terbuat dari anyaman bambu memang terkenal tanah lama dan lebih kuat. Selain itu produk anyaman bambu juga menawarkan bentuk yang berkarakter dan unik. Hal tersebut yang membuat anyaman bambu menjadi kerajinan tangan yang laku di luar negeri.

Mengirim kerajinan tangan ke luar negeri tentu saja membutuhkan jasa ekspedisi yang terpercaya. Repack.id adalah salah satu jawaban bagi Anda yang ingin kirim paket ke luar negeri dengan aman dan cepat.