Jual Tampah ke Luar Negeri, Kerajinan Dari Bambu yang Mendunia

Jual tampah ke luar negeri, kerajinan bambu yang sangat populer di luar negeri ini bisa laku Rp4,2 juta di pasaran. Benarkah kerajinan tradisional dari Indonesia mempunyai nilai jual tinggi?

Jual Tampah Keluar Negeri
Jual Tampah Keluar Negeri

Tampah yang selalu digunakan dalam menampi beras, saat ini sedang trending di dunia. Perabot yang sangat sederhana bagi Indonesia, namun sangat istimewa di luar negeri. Jika tertarik maka berikut tips cara menjualnya dengan mudah, aman dan cepat.

Cara jual tampah ke luar negeri, produk bambu yang diminati

1. Adanya Produk yang Dijual

Apabila yakin ingin menjadi seorang eksportir produk kerajinan, pastikan produk yang dijual telah tersedia. Sebab, jika produk yang dijual mempunyai stok minim efeknya penjualan ke luar negeri terhambat.

Sebagai contoh adalah penjualan tampah, jika ingin dikirim ke luar negeri, produk tampah harus ready stock. Dengan menyiapkan produk yang berlimpah, maka pengiriman menjadi lancar.

Faktor pendukung lain adalah kualitas yang mendukung, agar nantinya produk tersebut mempunyai nilai jual tinggi. Tampah merupakan salah satu kerajinan dari bambu yang dibuat dengan teknik manual, oleh sebab itu, sebelum dikirim cek terlebih dahulu.

2. Bahan Dasar Ramah Lingkungan

Jual tampah ke luar negeri adalah salah satu hasil karya dari bambu yang ramah lingkungan. Dimana karya seni ini sedang trending di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat.

Selain tampah, terdapat pula kerajinan tangan yang sangat viral, yaitu enceng gondok, tempurung kelapa, kayu dan mendong. Apabila Anda dapat menjual produk tersebut ke luar negeri, dapat di pastikan pundi-pundi uang akan terus mengalir.

Pastinya aktivitas ekspor menjadi lancar dan bahkan pembeli akan antre untuk membeli produk ramah lingkungan. Bagaimana? Apakah sudah siap untuk menjadi seorang eksportir yang handal?

(Baca juga: Jual Daun Pisang ke Luar Negeri yang Lancar dan Laris)

3. Mempersiapkan Administrasi

Dokumen izin usaha merupakan salah satu persyaratan yang harus dilengkapi. Hal ini, bertujuan agar proses pengiriman menjadi lancar dan tanpa kendala.

Sebagai pelaku usaha wajib menyiapkan beberapa dokumen penting, yaitu SIUP, Badan usaha, NPWP, pemberitahuan ekspor barang dan Tanda daftar Perusahaan. Semua surat tersebut, harus diserahkan pada kantor bea cukai. Kemudian siapkan pula Certificate of Origin dan sertifikat kualitas. Kedua surat tersebut harus dibawa pada kantor Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan.

4. Mengiklankan Produk

Jika Anda adalah pelaku eksportir pemula wajib untuk bergabung pada komunitas ASEPHI. Dimana sebuah komunitas yang berisikan informasi mengenai calon importir. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mempromosikan produk tampah unik asli Indonesia. Pelaku usaha dapat jual tampah ke luar negeri apa saja dengan desain yang unik agar menarik pembeli.

Pelaku usaha dapat mempromosikannya melalui pameran yang bertaraf internasional. Selain itu, produk dapat ditampilkan ke dalam website yang berisikan katalog kerajinan dari bambu.

5. Bertransaksi Menggunakan Letter of Credit

Seorang eksportir yang profesional akan mengetahui cara bertransaksi yang aman. Ada baiknya dalam sistem transaksi menggunakan kredit atau berjangka. Letter of credit adalah salah satu sistem pembayaran yang terbilang sangat aman. Dimana dalam bertransaksi menggunakan pihak ketiga, dengan demikian dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Jika pelaku usaha bergabung dengan platform belanja online dapat menggunakan rekening bersama. Pihak ketiga yang mengelola sistem pembayaran para member yang tergabung dalam platform belanja Online

6. Packing Produk

Tampah bambu adalah salah satu barang yang mudah rusak. Oleh sebab itu, sebuah pengemasan adalah sesuatu hal yang sangat penting dilakukan oleh shipper.

Proses pengemasan yang baik, akan membuat produk akan terlindung dari kerusakan. Contohnya saja adalah tampah bambu, yang harus mengemasnya menggunakan koran, kardus dan diberikan selotip.

Tampah yang sudah dikemas harus diberikan label khusus agar jasa pengiriman mengetahui bahwa produk dapat rusak. Biasanya oleh jasa pengiriman akan dipisahkan sesuai dengan kategori.

Jual tampah ke luar negeri akan menjadi mudah jika mengetahui aturan yang telah berlaku. Dengan demikian, kirim paket ke luar negeri menjadi lancar dan tanpa kendala.