Pengumuman: Pengiriman paket ke Rusia, Ukrania, & Belarus sementara ditangguhkan.

Jual Daun Pisang ke Luar Negeri yang Lancar dan Laris

Jual daun pisang ke luar negeri, siapa sangka bahwa daun pisang ini sangat laku di luar negeri. Salah satunya adalah jepang, yang ternyata mempunyai nilai jual sangat tinggi.

Jual Daun Pisang Ke Luar Negeri
Jual Daun Pisang Ke Luar Negeri

Di negara Jepang, daun pisang digunakan sebagai media untuk membungkus makanan khas yang bernama Chimaki. Dimana makanan ini, akan disajikan dengan tampilan berbentuk kerucut dan akan dihadirkan ketika hari anak Jepang.

Bagaimana cara jual daun pisang ke luar negeri?

1. Mempunyai Kode Jual

Berjualan daun pisang akan menjadi lancar, jika sudah mempunyai trik khusus dalam penjualannya. Salah satunya adalah pihak eksportir telah memahami tentang peraturan untuk ekspor.

Peraturan tersebut adalah telah mengantongi kode jual atau disebut sebagai HS code (07099990). Untuk mengetahuinya pemerintah telah menyediakan layanan untuk pencarian kode via situs website, yaitu eservice.insw.go.id.

Dengan adanya situs website tersebut, pihak ekspor dapat mengetahui pajak mengenai barang yang akan dikirim. Selain itu, pihaknya juga harus paham tentang peraturan yang mengikat barang tersebut.

2. Sudah Mempunyai Customer

Cara jual daun pisang ke luar negeri selanjutnya adalah dengan menemukan customer yang cocok. Jika dapat menemukannya, maka dengan mudah produk dapat laku.

Untuk cara menemukan calon importir, Anda cukup memasang marketplace luar negeri, yaitu Amazon. Bisa juga dengan memanfaatkan website perusahaan atau media sosial. Ketika sudah menemukan calon importir yang cocok dengan harga yang ditawarkan. Pihak eksportir dan importir dapat melakukan perjanjian kerja sama untuk segera bertransaksi jual beli.

(Baca juga: Jasa Kirim Barang ke Malaysia Murah dan Cepat)

3. Mengantongi Izin Usaha

Apabila telah menemukan calon pembeli yang cocok, tentunya pihak eksportir telah mengantongi izin usaha. Dimana izin usaha yang bergerak di bidang ekspor impor.

Penting bagi pelaku pedagang luar negeri untuk mengantongi surat izin usaha. Harus memiliki CV yang telah legal dimata hukum. Dalam pembuatannya telah mendapatkan kemudahan dari pemerintah. Pihaknya dapat mengurus melalui online dengan waktu yang sangat singkat.

4. Sewa Legalitas Ekspor

Jual daun pisang ke luar negeri sangat rumit untuk pelaku dagang yang belum memahaminya. Sebab, untuk menjualnya dibutuhkan sebuah surat izin yang telah legal.

Namun, bagi pelaku pedagang pemula yang baru merintis usaha tidak perlu khawatir. Jasa legalitas ekspor dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Cukup dengan menyewa jasanya, maka produk jualan tersebut dapat segera terkirim. Dalam hal ini, disebut sebagai undername, carilah jasa yang sudah berpengalaman, contohnya adalah Mr Eksportir.

5. Mempunyai Partner Perusahaan

Pelaku usaha pemula harus mempunyai partner yang tepat, hal ini berlaku untuk mereka yang belum mengantongi izin usaha. Anda dapat mencari mitra dari perusahaan ekspor impor yang profesional.

Mitra tersebut harus memiliki kriteria untuk perusahaan ekspor impor yang sudah berdiri selama lima tahun. Dengan demikian tidak perlu khawatir akan mengalami pelayanan yang buruk. Jasa ekspor impor yang sudah profesional bekerja dengan sangat handal. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir barang kiriman akan rusak.

6. Layanan Pengiriman

Jual daun pisang ke luar negeri bisnis untuk persyaratan pengiriman sangat rumit. Pihak eksportir harus menjalin kerja sama yang baik dengan pelayanan pengiriman dalam mengekspor barang. Pihak eksportir harus paham dengan jenis jasa pengiriman barang. Apa sajakah jenis tersebut? Port to port dan door to door.

Lantas manakah yang akan digunakan? Untuk menggunakan jasa pengiriman port to port, artinya harus bertanggung jawab dari pelabuhan keberangkatan hingga pelabuhan tujuan. Barang kiriman yang telah sampai ke pelabuhan tujuan adalah tanggung jawab dari pihak importir.

Sedangkan untuk door to door, artinya adalah pengiriman yang dimulai dari pick up ke gudang kemudian akan dikirimkan kepada gudang customer di luar negeri.

Itulah informasi mengenai cara jual daun pisang ke luar negeri. Ternyata daun yang berada di pekarangan rumah yang dijual murah. Ternyata harga jual daun pisang di luar negeri cukup fantastis, yaitu berkisar antara Rp500.000,- hingga Rp800,-. Siapa sangka dengan kirim barang ke luar negeri berupa daun pisang dapat menghasilkan uang.