Jual Mainan Anak ke Luar Negeri untuk Pemula

Ingin bisnis jual mainan anak ke luar negeri milik Anda laku dan sukses? Sebagai pemilik bisnis, tentunya Anda harus mengetahui kiat-kiat agar bisnis sukses. Meskipun bisnis jual mainan terdengar sepele, ternyata jual mainan anak harus dikelola dengan baik dan benar.

Jual Mainan Anak Ke Luar Negeri
Jual Mainan Anak Ke Luar Negeri

Bahkan ada beberapa teknik yang harus Anda ketahui agar bisnis jual mainan anak mampu bertahan dan bersaing. Tak hanya mengetahui, Anda sebagai penjual juga harus menguasai teknik-teknik tersebut. Terlebih lagi jika Anda menginginkan mainan tersebut tembus ke pasar luar negeri. Lalu, bagaimana caranya?

Cara melakukan bisnis jual mainan anak ke luar negeri

  • Siapkan Modal

Sama seperti bisnis lain, jual mainan juga memerlukan modal sebagai langkah awal. Modal berguna agar Anda bisa membeli produk mainan yang sesuai dengan tren, dan tentunya dalam jumlah yang banyak.

Baik jumlah modalnya kecil ataupun besar, semuanya tergantung dari jenis mainan yang Anda beli. Jika Anda ingin menjual beragam mainan, tentunya modal yang diperlukan cukup besar. Tetapi jika Anda hanya fokus pada satu mainan, maka modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Sebenarnya siapa pun bisa melakukan bisnis ini, hanya saja tidak semua orang bisa menjalankannya. Apalagi jika Anda juga ingin menjual mainan tersebut hingga ke luar negeri. Tentunya pesaing pun lebih berat.

  • Terapkan Harga Kompetitif

Tips jual mainan anak ke luar negeri selanjutnya adalah menerapkan harga kompetitif. Sebab, Anda akan menghadapi banyak pesaing yang menjual harga mainan lebih murah.

Untuk mendapatkan keuntungan, Anda harus membeli mainan tersebut langsung dari tempat produksi agar lebih murah. Dengan begitu Anda bisa menerapkan harga yang kompetitif dan bisa meraup banyak keuntungan.

Sebenarnya bagi pemilik bisnis, tips ini sudah menjadi rahasia umum. Bahkan tips ini juga banyak diterapkan oleh para pemilik pengusaha besar.

  • Jual Produk Unik

Anak-anak cenderung mudah penasaran, jadi Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara menjual mainan-mainan yang unik. Misalnya, Anda ingin menjual mainan anak hingga ke luar negeri. Maka cobalah untuk menjual beragam mainan khas Indonesia.

Contoh mainan tradisional yang bisa Anda jual adalah layangan, congklak, topeng khas Indonesia, dan gasing. Agar lebih menarik, Anda juga harus memperhatikan aneka pilihan warnanya.

  • Mengikuti Tren Mainan

Menjual produk yang unik hanyalah tambahan, agar bisnis Anda lebih laku, Anda juga harus mengikuti tren mainan. Dengan mengetahui tren yang sedang booming, maka bisnis Anda akan laku keras sebab banyak yang ingin membelinya.

Contoh tren mainan yang pernah viral belakangan ini misalnya, slime, kaktus goyang, pop it, dan masih banyak lagi. Apabila Anda mengikuti prosedur yang tepat, maka hasilnya akan lebih dari yang diperkirakan. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengetahui dan mengikuti tren.

(Baca juga: Jual Kopi ke Luar Negeri Agar Laris di Pasaran)

  • Manfaatkan Hari-hari Besar

Cara jual mainan anak ke luar negeri yang terakhir ini terbilang sangat efektif. Sebab pada hari-hari besar anak-anak akan menjalankan liburan.

Anda sebagai penjual tentunya harus memanfaatkan momentum ini dengan cara memberikan promo besar-besaran. Misalnya menerapkan buy one get one, jadinya anak-anak akan lebih senang dan tertarik untuk membeli produk Anda.

Jangan lupa, agar pembeli nyaman, Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik. Jika Anda ingin memaketkan mainan tersebut hingga ke luar negeri, maka kemas mainan dengan baik dan benar. Dengan begitu mainan akan terhindar dari kerusakan dan akan sampai dengan baik ke tangan pembeli.

Itulah tadi cara melakukan bisnis jual mainan anak ke luar negeri. Sebagai penjual yang baik, Anda wajib memberikan pelayanan yang terbaik pula untuk pembeli. Pada saat melakukan kirim paket ke luar negeri, pastikan jika paket tersebut dalam kondisi baik dengan menambahkan packing ekstra. Dengan begitu pembeli tidak akan kapok untuk membeli di toko Anda.