Ekspor Keripik Singkong Dari Indonesia, Bagaimana Caranya?

Tips ekspor keripik singkong dari Indonesia sepertinya belum akrab di telinga para penjual. Sebagian dari mereka belum paham mengenai cara memaketkan keripik yang aman agar bisa diterima dengan baik oleh pembeli. Tak hanya itu, minimnya pengetahuan terkait pasar internasional juga menjadi penyebab utamanya.

Ekspor Keripik Singkong Dari Indonesia
Ekspor Keripik Singkong Dari Indonesia

Tapi sekarang tak perlu khawatir, sering dengan berkembang zaman dan teknologi. Semua bisa diketahui dengan mudah melalui internet. Bahkan saat ini ada banyak jasa ekspedisi yang akan mendukung kegiatan mengirim paket ke luar negeri dengan cepat dan mudah. Berikut adalah tips ekspor produk makanan yang perlu Anda ketahui.

Tips ekspor keripik singkong dari Indonesia

  • Perhatikan kualitas produk

Dalam berdagang, kualitas produk adalah hal terpenting bagi para pembeli. Jika kualitasnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, maka pembeli akan kecewa dan tidak akan lagi membeli produk tersebut.

Terlebih lagi jika pengiriman produk sudah sampai ke luar negeri. Artinya kemasan produk harus lebih upgrade agar mampu menarik perhatian banyak calon pembeli. Dan tentunya Anda akan meraup banyak keuntungan.

Tak hanya kualitas dari produknya saja, kualitas rasa makanan pun harus diperhatikan. Ciptakan rasa yang enak dan unik pada keripik, dengan begitu pembeli akan merasa ketagihan ketika mencicipinya. Jadinya mereka akan membeli lagi makanan tersebut.

  • Lengkapi izin edar

Cara ekspor keripik singkong dari Indonesia adalah melengkapi izin edar yang berlaku di negara produksi. Jika produk makanan yang Anda buat belum memiliki izin edar, maka akan ditolak masuk ke pasaran internasional. Karena biasanya tiap-tiap negara memiliki izin edar yang sangat berbeda.

Tak hanya itu, Anda juga harus memenuhi syarat standar pengemasan produk. Apabila produk makanan yang dibuat sudah memenuhi standar, maka produk akan dengan mudah diperjualbelikan di pasar internasional. Jadi pastikan jika produk makanan yang Anda buat sudah memenuhi segalanya.

(Baca juga: Ekspor Indomie ke Luar Negeri Pasti Aman Dengan Cara Ini)

  • Gunakan kemasan menarik

Salam menjual sebuah produk, penjual dituntut untuk menggunakan kemasan yang menarik. Tak hanya untuk estetika, kemasan yang menarik juga dapat mendatangkan banyak pembeli. Baik itu untuk konsumen luar negeri ataupun dalam negeri.

Seperti yang sudah disinggung di atas tadi, kemasan produk juga harus sesuai dengan standar pengemasan. Misalnya di kemasan produk harus berisi informasi terkait produk. Contohnya bahan, nilai gizi, kandungan, perusahaan produksi, tanggal produksi, serta kadaluwarsa.

Standar pengemasan di atas tentunya wajib untuk diikuti. Karena setiap negara memiliki syarat standar pengemasan yang berbeda-beda. Jika produk ingin lebih dikenal, tak ada salahnya untuk menggunakan kemasan yang sesuai.

  • Lindungi paket dengan asuransi

Jangan lupa untuk melindungi paket dengan asuransi sebagai ekspor keripik singkong dari Indonesia anti pecah. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman.

Biasanya pihak jasa ekspedisi akan memberikan asuransi yang berupa ganti baru apabila produk rusak akibat kesalahan mereka. Tentunya hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi para penjual, sehingga Anda selaku penjual tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih.

  • Gunakan sistem pembayaran yang menguntungkan

Maksud dari sistem pembayaran yang menguntungkan di sini adalah apabila ada pembeli yang memesan, maka mereka harus membayar setengah harga terlebih dahulu. Bagi pedagang yang baru saja merintis usaha, tentunya metode ini memberikan keuntungan. Karena dengan setengah harga tersebut akan digunakan sebagai modal bahan.

Itulah tadi lima tips ekspor keripik singkong dari Indonesia agar aman dan tidak pecah-pecah saat diterima oleh pembeli. Selain mengikuti tips di atas, Anda juga wajib memilih jasa ekspedisi terpercaya. Walaupun saat ini sudah berhamburan jasa ekspedisi yang menawarkan jasa kirim paket ke luar negeri.