Contoh Kerajinan dari Kayu untuk Diekspor ke Luar Negeri

Contoh kerajinan dari kayu bisa menjadi sebuah kerajinan yang dapat memiliki nilai jual tinggi. Adanya kerajinan yang terbuat dari kayu bisa diekspor ke luar negeri apabila memiliki keunikan dari barang tersebut.

Contoh Kerajinan Dari Kayu
Contoh Kerajinan Dari Kayu

Saat ini sudah banyak kerajinan dari bahan kayu yang tembus di pasar internasional. Berikut ini cara ekspor serta beberapa contoh kerajinan kayu yang bisa dikirim sampai ke luar negeri, simak.

Cara ekspor kerajinan dari kayu

  1. Memastikan Kerajinan Kayu Sudah Ada Stok

Apabila menjadi pengrajin dengan memanfaatkan bahan kayu yang nantinya akan dijual ke luar negeri secara rutin. Maka, pastikanlah barang dari kerajinan tersebut memiliki ketersediaan stok yang cukup banyak.

Tujuan adanya stok supaya jika pelanggan di luar negeri yang melakukan orderan bisa langsung dikirimkan saat itu. Selain itu, pada proses pembuatan kerajinan yang terbuat dari bahan kayu sebaiknya juga memperhatikan kualitasnya.

  1. Memahami Karakteristik Negara untuk Ekspor

Setiap negara yang ada di luar negeri tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing yang tidak akan sama. Sehingga lebih baik memahami bagaimana karakteristik dari setiap negara yang nantinya akan menerima produk ekspor dari kerajinan kayu.

Pemahaman yang lebih baik tentunya bisa memberikan kemudahan dalam proses ekspor barang kerajinan yang terbuat dari kayu tersebut. Pahamilah karakter dari negara yang bersangkutan dengan melihat gaya hidup, musim dan target pasar yang menjadi sasaran penjualan.

  1. Melengkapi Syarat Administrasi Ekspor

Contoh kerajinan dari kayu yang unik bisa memiliki nilai jual yang tinggi untuk diekspor ke luar negeri. Dalam proses ekspor inilah harus melengkapi semua syarat administrasi yang dibutuhkan.

Kelengkapan syarat administrasi NPWP, SIUP, pemberitahuan ekspor barang dan perusahaan badan usaha diserahkan pada kantor bea cukai supaya memperoleh perizinan proses ekspor. Selain itu, untuk sertifikat mutu dan certificate of origin bisa diserahkan ke kantor Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan.

  1. Melakukan Pengemasan Dengan Baik

Cara untuk melakukan ekspor pada barang kerajinan harus membuat kemasan yang aman dan tidak mudah rusak. Silakan menambahkan bubble wrap terhadap barang kerajinan dari kayu yang akan dikirimkan. Sehingga barang tersebut tidak ada kerusakan ketika proses pengiriman yang diakibatkan oleh benturan.

  1. Memperhatikan Sistem Pembayaran

Pada saat memutuskan untuk berjualan dan melakukan pengiriman ke luar negeri, pastikan pelanggan membayar sesuai dengan orderannya. Metode pembayaran yang tepat untuk digunakan dalam transaksi ekspor yaitu Letter of Credit yang memberikan keamanan dalam transaksinya. Metode pembayaran ini mengikutsertakan bank menjadi pihak ketiga.

  1. Melakukan Promosi

Contoh kerajinan dari kayu untuk furniture tidak bisa diketahui oleh masyarakat luas apabila tidak dilakukan promosi. Gencarkan untuk kegiatan promosi dalam penawaran produk kerajinan yang terbuat dari kayu. Sehingga berpotensi untuk meningkatkan penjualan dalam kegiatan proses ekspor ke luar negeri.

(Baca juga: Cara Kirim Sepatu di Luar Negeri yang Aman)

Contoh wood craft yang bisa dijual

  1. Alat Makan Kayu

Kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu ini sebagai upaya dalam mendorong kegiatan go green. Hal ini dikarenakan, penggunaan bahan dasar pembuatannya ramah lingkungan dan tergolong lebih unik. Selain itu, untuk penawaran harganya juga cenderung lebih murah daripada bahan stainless steel.

  1. Lampu Meja Kayu

Salah satu jenis kerajinan yang terbuat dari kayu dan saat ini memiliki peminat yang cukup besar. Lampu meja kayu memperlihatkan keindahan yang estetik dan alami karena menggunakan bahan dari alam. Biasanya pembuatan lampu meja kayu memanfaatkan jenis kayu pinus atau mahoni.

  1. Tatakan Gelas
Contoh Kerajinan Dari Kayu Tatakan Gelas
Contoh Kerajinan Dari Kayu Tatakan Gelas

Contoh kerajinan dari kayu yang dapat dijual yaitu tatakan gelas untuk memberikan kesan lebih rustik dan natural. Pembuatan tatakan gelas ini biasanya memanfaatkan potongan dari bahan kayu pinus. Pembuatannya sangat mudah karena tidak perlu mengubah bentuk dan cukup melakukan finishing.

Saat ini mulai banyak mereka yang kirim barang ke luar negeri karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Lalu pemilihan jasa ekspedisi untuk pengiriman ekspor ke luar negerinya harus yang terpercaya. Pastikanlah jasa ekspedisi tersebut memberikan pelayanan yang aman dan cepat, salah satunya bisa lewat Repack.id. Itulah contoh kerajinan dari kayu dan jasa ekspedisinya, semoga bermanfaat.