3 Kategori Kirim Barang dengan Cargo Udara ke luar Negeri

Pengiriman barang menggunakan cargo udara ke luar negeri, saat ini dinilai lebih cepat dalam mendistribusikan produk ke seluruh nusantara. Akan tetapi, terdapat jenis barang yang tidak dapat diterima oleh mitra pengiriman via udara.

Cargo Udara Ke Luar Negeri
Cargo Udara Ke Luar Negeri

Hal ini harus diketahui bagi mereka yang berbisnis atau pembeli online. Sebab, jika Anda paham dapat memilih mitra pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan.

3 Kategori pengiriman barang dengan cargo udara ke luar negeri

1. Cargo Khusus

Cargo udara ke luar negeri kategori khusus biasanya merupakan barang yang sangat rentan. Oleh sebab itu, perlu adanya klasifikasi barang untuk dapat ditangani secara ekstra. Sehingga barang yang akan dikirimkan tetap aman sampai negara tujuan. Barang kiriman yang mendapatkan perlakuan ekstra tersebut, yaitu:

  • Barang pecah belah
  • Barang berharga (emas, permata dan intan)
  • Motor
  • Buah, daging, ikan, tumbuhan dan hewan
  • Cairan (parfum dan minyak)
  • Dokumen
  • Jenazah

Barang-barang ini, yang akan dikenakan tarif mahal. Namun, tidak perlu khawatir, sebab terdapat sebuah promosi jika dapat memilih mitra pengiriman yang tepat.

2. Cargo Umum

Kategori pengiriman yang selalu tersedia di berbagai perusahaan express, yaitu paket yang tidak mudah rusak, layu, busuk dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Meskipun begitu, paket tetap harus dikemas dengan sangat rapi dan kuat agar tidak rusak sebelum sampai tujuan.

Jika paket dalam pengemasan awal kurang rapi, maka mitra pengiriman akan menolak paket. Hal ini sudah diatur dalam syarat dan ketentuan yang berlaku pada setiap perusahaan jasa pengiriman.

Peraturan tersebut bertujuan agar paket yang dikirimkan aman, selain itu mitra pengiriman harus tunduk pada aturan yang telah tertulis. Untuk lebih jelasnya, Pengguna dapat mengecek pada perusahaan mitra pengiriman terdekat.

(Baca juga: 5 Kelebihan Cargo Laut ke luar Negeri yang Perlu Diketahui)

3. Benda Berbahaya

Terdapat dua jenis pengiriman via udara, yaitu umum dan khusus. Namun, terdapat pula jenis pengiriman yang sangat spesifik, yaitu mengenai benda berbahaya.

Selain itu, cargo udara menawarkan jasa kirim untuk benda-benda golongan di bawah ini:

  • Benda yang mudah untuk menguap

Cargo udara ke luar negeri yang aman untuk barang menguap merupakan barang yang harus diperlakukan sangat spesial dengan tempat khusus. Contohnya adalah butana dan hidrogen yang membutuhkan ruang dalam menyimpan.

Paket pengiriman harus dikemas rapi dan diberikan label khusus agar pihak pengiriman mengetahuinya untuk ditempatkan di ruang khusus. Dengan demikian, akan berlaku adanya biaya tambahan dalam jenis pengiriman paket ini.

Jika paket pengemasannya sejak awal kurang rapi, maka pihak pengiriman akan menolaknya. Sebab dikhawatirkan akan menguap dan dapat membahayakan seluruh paket lain.

  • Benda Mudah Meledak

Mitra pengiriman memberikan sebuah layanan eksklusif untuk explosive good. Sebuah paket yang digunakan untuk keperluan militer dengan peraturan super ketat ketika pengiriman.

Untuk benda-benda mudah meledak tersebut terdiri atas bubuk mesiu, peluru, kembang api dan cairan peledak. Peraturan dalam pengemasan barang jenis ini harus rapi sehingga tidak membahayakan paket lain juga.

  • Benda Mudah Terbakar

Paket selanjutnya adalah yang sangat mudah untuk terbakar dimana pengirim harus memberikan packing yang kuat dengan diberikan label khusus. Dengan demikian paket akan aman hingga negara tujuan.

Untuk Benda mudah terbakar tersebut adalah varnish, cat, dan etanol, benda ini harus dikemas sangat ekstra agar tidak bocor. Jika salah dalam pengemasan, maka paket lain juga akan rusak.

  • Paket Beracun

Paket beracun dan membawa dampak penyakit harus diperlakukan dengan khusus. Dalam hal ini, mitra pengiriman akan bekerja sama dengan badan pemerintah terkait masalah pengiriman barang.

Apakah barang tersebut aman untuk dikirim atau tidak. Jika aman tapi berbahaya untuk dikirim, maka dapat perlakuan khusus dan paket akan dikenakan tarif khusus. Untuk tarif bisa cek ongkir ke luar negeri di website resmi jasa pengiriman.

Dalam pengiriman barang terdapat beberapa jenis pengiriman. Salah satunya adalah via udara, yaitu cargo udara ke luar negeri. Dimana dalam paket pengirimannya terdapat klasifikasi yang harus dikhususkan agar benda tersebut tidak rusak dan selamat hingga tujuan.