Cara Packing Kerajinan Anyaman Bambu agar Tak Rusak

Bagaimana cara packing kerajinan anyaman bambu untuk dikirim sampai luar negeri? Sebagai penjual, tentu saja Anda ingin mengurangi komplain dari para pembeli soal kemasan. Jangan melewatkan detail sekecil mungkin ketika mengemas paket karena dapat menimbulkan kerusakan yang cukup fatal.

Cara Packing Kerajinan Anyaman Bambu
Cara Packing Kerajinan Anyaman Bambu

Apabila paket kerajinan yang Anda kirimkan sampai ke tujuan dengan baik, maka mereka pun akan senang dan puas dengan pelayanannya.

Cara Packing Kerajinan Anyaman Bambu untuk Cegah Komplain

  1. Membungkus Kerajinan dalam Beberapa Lapisan

Anda perlu menerapkan perlindungan berlapis kepada kerajinan anyaman bambu yang akan dikirim agar tak rusak selama proses pengiriman. Tips cara packing kerajinan anyaman bambu yang benar adalah dengan melapisinya menggunakan bubble wrap. Kemudian  bungkus kembali menggunakan kardus atau karton.

Apabila dalam satu wadah terdapat sejumlah kerajinan yang akan dikirim, maka setiap barang harus diberi bubble wrap. Sangat dianjurkan untuk memilih kardus yang berkualitas dan solid agar kuat terhadap benturan dan guncangan.

Jangan menggunakan kardus bekas, karena kardus bekas sudah tak lagi memiliki kekuatan dan solid. Oleh karena itu, risiko kerusakan akan lebih besar terjadi. Kemudian pastikanlah kardus yang digunakan tidak memiliki celah karena akan membuat barang yang ada di dalamnya terguncang dan bergerak selama di perjalanan.

Celah tersebut bisa diisi dengan menggunakan styrofoam atau koran bekas. Gunakan juga kardus kemasan yang tidak terlalu besar yang sesuai dengan ukuran barang sehingga tidak ada celah kosong.

(Baca juga: Cara Packing Ikan Hias untuk Ekspor yang Aman)

  1. Menggunakan Packing Kayu

Apabila produk yang Anda tawarkan adalah barang yang mudah rusak atau pecah belah, disarankan untuk menggunakan packing kayu. Untuk mencegah agar barang tidak rusak dan penyok memang tidak cukup hanya menggunakan kardus atau bubble wrap. Cara penyegelan juga harus diperhatikan jika masih ingin menggunakan kardus.

Untuk bagaimana cara packing kerajinan bambu, Anda juga harus memperhatikan menggunakan perekat yang cukup kuat yang diterapkan di bagian bawah dan atar kardus.

Menggunakan Packing Kayu
Menggunakan Packing Kayu

Bukan hanya untuk barang kerajinan anyaman bambu, tapi untuk barang dengan jumlah yang tidak sedikit dan tinggi nilainya seperti layar LCD, smartphone, tablet, laptop, CPU, sangat disarankan untuk menggunakan packing kayu sebagai kemasannya.

Kelebihan kemasan kayu adalah memberikan perlindungan yang cukup solid kepada produk yang dikemas. Hal tersebut karena packing kayu terkenal kuat untuk menghadapi tekanan dan tumpukan.

  1. Memberikan Stiker Peringatan

Tempelkan stiker peringatan di badan packing kayu atau kardus agar kurir jasa ekspedisi mengetahui kondisi produk yang ada di dalamnya. Apalagi apabila produk yang dikirim mudah rusak, oleh karena itu stiker peringatan itu cukup krusial setelah cara packing kerajinan anyaman bambu dan rotan dengan baik.

Jika Anda tidak suka dengan tampilan desain stiker yang monoton, lihatlah beberapa desain stiker yang bisa dicari di internet dengan kata-kata yang cukup unik.

  1. Memilih Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Jika sudah mengetahui cara packing kerajinan anyaman bambu dan juga menempelkan stiker peringatan, pekerjaan berikutnya adalah memilih jasa ekspedisi yang terpercaya. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga agar produk yang dikirimkan tetap aman mulai dari proses pengiriman hingga sampai ke tujuan.

Saat ini sudah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan pelayanan jarak jauh sampai ke luar negeri. Salah satunya adalah Repack ID yang memberikan pelayanan untuk kirim barang ke luar negeri dengan amanah. Percayakan pada jasa pengiriman ini agar paket Anda dijamin sampai ke tujuan.