Cara Packing Dimsum bagi Anda Pengusaha Online

Ingin berjualan dimsum secara online? Pastikan dulu Anda mengetahui cara packing dimsum yang baik dan benar. Dimsum memang menjadi salah satu menu makanan yang sering dipesan banyak orang untuk beberapa acara seperti pernikahan atau acara kantoran.

Cara Packing Dimsum
Cara Packing Dimsum

Namun, ada beberapa tips mengemas dimsum yang perlu diketahui agar dimsum masih enak untuk dikonsumsi setelah sampai ke tujuan.

Cara Packing Dimsum yang Baik dan Benar untuk Usaha

  1. Menggunakan Thinwall

Tips cara packing dimsum pertama yang bisa dilakukan untuk mengemas dimsum adalah dengan menggunakan thinwall. Thinwall adalah sebuah tempat berbentuk kotak bening dan transparan yang pada umumnya digunakan memang untuk memacking beragam makanan beku termasuk dimsum.

Thinwall yang digunakan untuk mengemas dimsum dapat membuat dimsum tahan lama selama 24 jam ketika berada di suhu ruangan dalam keadaan frozen. Hal itu terjadi karena adanya perbedaan waktu yang cukup lama ketika menyimpan dimsum pada packing yang digunakan untuk memacking dimsum beku tersebut.

  1. Menggunakan Plastik Vakum

Thinwall bukanlah satu-satunya cara packing dimsum untuk usaha. Sangat disarankan juga untuk menggunakan plastik vakum untuk mengemas dimsum beku. Hal tersebut karena dimsum akan mendapatkan ketahanan yang tetap terjaga ketika disimpan dalam keadaan divakum.

Menerapkan cara packing dimsum  untuk dikirim dengan menggunakan vakum bisa bertahan selama 24 jam lebih. Paling lama bisa bertahan selama 48 jam ketika membeku di chiller atau di suhu ruang.

Cara mengemas dimsum dengan menggunakan kedua metode yang disimpan dalam freezer tersebut memiliki keunggulan yaitu bisa awet dengan waktu yang cukup lama. Namun perbedaan yang kentara adalah pada tekstur dimsum yang dikemas dalam plastik vakum dan thinwall. Hal tersebut bisa terlihat ketika lama disimpan di freezer kurang lebih satu bulan lamanya. Dimsum yang dikemas dalam vakum memiliki ketahanan tekstur yang lebih lama. Selain itu juga waktu penyimpanannya akan lebih lama.

(Baca juga: Cara Packing Coklat agar Tidak Meleleh Dalam Perjalanan)

Cara Menyajikan Dimsum Beku

Cara Menyajikan Dimsum Beku
Cara Menyajikan Dimsum Beku
  1. Biarkan Dimsum di Suhu Ruang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan menghangatkan dimsum yang masih beku langsung di atas kukusan. Dimsum harus didiamkan terlebih dulu di suhu ruang setelah dikeluarkan dari freezer.

Diamkan dimsum kurang lebih 30 hingga 45 menit setelah dikeluarkan dari freezer. Tunggulah hingga tak membeku lagi. Apabila dimsum langsung dihangatkan ketika masih membeku, dimsum akan menempel. Oleh sebab itu, setelah dimsum dipanaskan lalu ditarik menggunakan garpu atau sumpit, maka akan mudah pecah atau hancur.

  1. Hangatkan di Atas Kompor dengan Api Sedang

Panaskan kukusan terlebih dulu sebelum memasukkan dimsum yang masih dalam keadaan membeku. Panaskan kukusan menggunakan api kecil atau api tinggi. Setelah suhu dimsum sudah normal, masukkanlah ke dalam kukusan dengan ke atas kompor dengan api sedang. Hal tersebut akan menjaga kulit dimsum akan tetap bagus. Selain itu isi dimsum juga masih akan terjaga kekenyalannya.

  1. Kukus Selama 5 hingga 10 Menit

Diamkan dimsum yang sedang dikukus di atas kompor dengan api sedang hingga teksturnya mengenyal dan lembut. Hangatkanlah dimsum yang masih membeku itu kurang lebih 5 hingga 10 menit. Lalu dimsum siap disajikan untuk disantap.

Cara packing dimsum sangat penting bagi Anda yang menggeluti bisnis jualan dimsum secara online. Namun, akan lebih lengkap rasanya apabila mempercayakan pengiriman barang melalui jasa ekspedisi terbaik. Repack ID adalah jasa ekspedisi yang bisa diandalkan untuk kirim barang ke luar negeri dengan cepat.