Cara Kirim Keripik Ubi ke Luar Negeri Sesuai Syarat

Cara kirim keripik ubi ke luar negeri tentunya akan berbeda dengan jenis pengiriman paket lainnya. Dalam proses pengiriman keripik cenderung lebih mudah karena bukan menjadi salah satu jenis paket ekspor yang memiliki batasan pengiriman. Sehingga cukup untuk melakukan pengurusan terhadap perizinan dalam proses pengiriman keripik ke luar negeri.

Cara Kirim Keripik Ubi Ke Luar Negeri
Cara Kirim Keripik Ubi Ke Luar Negeri

Jika ingin tahu lebih lanjut tentang cara dari syarat dan prosedurnya, maka simak informasi di bawah ini.

Cara kirim keripik ubi ke luar negeri

1. Paham dengan Syarat Ekspor Makanan

  • Makanan telah mendapatkan sertifikasi BPOM
  • Makanan berada di dalam kemasan yang berasal dari produsen aslinya
  • Kemasan produk makanan setelah mencantumkan informasi lengkap atas komposisi bahan pembuatannya
  • Kemasan makanan harus disegel supaya tidak menimbulkan kerusakan pada proses pengiriman
  • Masa penyimpanan untuk jenis makanan ekspor minimal 6 bulan dan sudah dicantumkan tanggal kadaluwarsanya.

(Baca juga: Cara Kirim Briket ke Luar Negeri Sesuai Jenisnya)

2. Langkah Persiapan Ekspor Makanan ke Luar Negeri

Cara kirim keripik ke luar negeri dengan ekspedisi tentunya harus memperhatikan langkah prosedur yang akan dilakukan. Sehingga, cara membuat bisnis penjualan keripik tersebut bisa dikirimkan ke pasar internasional. Adapun untuk langkah cara dalam persiapan ekspor makanan ke luar negeri sebagai berikut:

  • Memastikan bahwasanya produk tersebut bukan barang yang memiliki batasan ekspor ke negara tertentu
  • Dalam mendapatkan pelanggan yang berasal dari luar negeri bisa menggunakan ekspor langsung ataupun tidak langsung. Ekspor langsung biasanya akan dilakukan pada e-commerce global ataupun website yang menjadi toko online. Sementara itu, untuk ekspor tidak langsung akan membutuhkan perantara seperti eksportir
  • Menyediakan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan pada proses ekspor makanan
  • Menyediakan asuransi terhadap paket yang dikirimkan
  • Melakukan pengurusan untuk menginformasikan ke bagian bea dan cukai dengan kelengkapan dokumen PEB
  • Apabila memanfaatkan sistem L/C, maka langkah berikutnya dengan proses pencairan dana dan memeriksa kelengkapan dokumen
  • Pada saat proses pembayaran dan melakukan pemeriksaan dokumen telah selesai, maka barang yang dikirimkan tersebut akan diterima importir serta eksportir memperoleh bayaran atas transaksi yang dilakukan.

Cara packing keripiknya yang benar

Cara Packing Keripiknya Yang Benar
Cara Packing Keripiknya Yang Benar
  1. Menambahkan Bubble Wrap

Langkah cara kirim keripik ubi ke luar negeri bisa dengan memanfaatkan bubble wrap sebagai pelindung untuk packing. Cara ini dapat dilakukan supaya tidak membuat keripik ubi hancur pada saat proses pengiriman paket.

Bubble wrap memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan perlindungan produk yang dikirim dari benturan. Selain itu, pastikanlah keripik ubi yang akan dikirimkan telah menggunakan kemasan secara berlapis.

  1. Menggunakan Kardus atau Kayu

Apabila sudah menggunakan bubble wrap untuk pelindung dari keripik ubi. Selain itu, juga bisa menggunakan kardus ataupun kayu yang dimanfaatkan untuk bagian lapisan luar dari paket yang akan dikirimkan.

Cara untuk melakukan packing keripik ubi ini bertujuan dalam menjaga kualitas selama proses pengiriman paket ke luar negeri. Kardus ataupun kayu memiliki tekstur yang kuat dan kokoh untuk memberikan perlindungan terhadap keripik ubi.

  1. Menambahkan Stiker Fragile

Cara kirim keripik ubi ke luar negeri yang tepat bisa dengan menambahkan stiker fragile. Dalam penambahan stiker tersebut bisa Dengan memberikannya sendiri ataupun meminta dari layanan jasa ekspedisi yang akan digunakan.

  1. Pemilihan Jasa Pengiriman

Apabila sudah selesai dalam proses packing keripik ubi, bisa melanjutkan prosesnya dengan pemilihan jasa pengiriman yang tepat. Tanpa penggunaan jasa pengiriman yang terpercaya tentunya bisa membuat packing produk tersebut mengalami kerusakan.

Sehingga wajib untuk memilih jasa ekspedisi yang dapat diandalkan dengan memberikan jaminan keamanan terhadap paket yang dikirimkan. Dengan demikian, tetap menjaga kualitas dari keripik ubi supaya tidak rusak saat pengiriman.

Cara kirim barang ke luar negeri harus memperhatikan packing supaya tidak menimbulkan kerusakan. Dan kirim paket bisa lewat Repack.id karena menawarkan layanan yang aman atas kerajinan yang dikirimkan ke luar negeri. Itulah syarat dan prosedur cara kirim keripik ubi ke luar negeri, semoga bermanfaat.