Cara Kirim Kayu Rotan ke Luar Negeri untuk Bisnis

Bagi mereka yang ingin masuk ke pasar ekspor, tentunya wajib memahami bagaimana cara kirim kayu rotan ke luar negeri. Pasalnya peluang penjualan rotan asli Indonesia masih sangat diminati di pasar internasional.

Cara Kirim Kayu Rotan Ke Luar Negeri
Cara Kirim Kayu Rotan Ke Luar Negeri

Hal tersebut tentunya lantaran kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Berikut informasi selengkapnya.

Inilah cara kirim kayu rotan ke luar negeri dengan mudah

1. Membuat perencanaan pengiriman

Cara kirim kayu rotan ke luar negeri yang pertama ialah dengan melengkapi perencanaan pengiriman. Perencanaan akan memudahkan pebisnis dalam menentukan setiap langkahnya step by step secara optimal. Di samping itu melalui perencanaan tertulis juga memudahkan pemilik dalam melakukan evaluasi.

Adapun hal-hal yang masuk dalam daftar rencana seperti: jenis produk rotan yang diekspor, cara pengemasan yang aman, jalur pengirimannya. Selain itu mengetahui ada tidaknya kompetitor juga menjadi PR yang harus diperhatikan. Dengan begitu pebisnis bisa memberikan keunggulan yang pesaing tidak bisa lakukan.

2. Tentukan ke negeri mana tujuannya

Surveylah negeri tujuan yang akan dituju untuk pengiriman kayu rotan tersebut. Pebisnis bisa melakukan pencarian tentang bagaimana karakteristik masyarakat hingga budaya setempat. Hal ini akan membantu menentukan produk seperti apa yang sekiranya mereka sukai dan butuhkan.

Dengan begitu pebisnis dapat benar-benar menentukan apakah negara tujuan itu nantinya akan menyambut baik produk rotan Indonesia. Pencarian tidak perlu pergi langsung jauh-jauh. Pasalnya semua informasi yang dibutuhkan telah tersedia dengan sangat lengkap di internet.

3. Dokumen ekspor impor

Pastikan bahwa pebisnis memahami kelengkapan dokumen ekspor impor yang wajib ada ketika pengiriman dilakukan. Dokumen tersebut seperti: bukti pembayaran bea cukai, spesifikasi barang, hingga invoice untuk pembeli. Selain itu izin-izin usaha dan NPWP pun harus dilengkapi.

(Baca juga: Contoh Kerajinan dari Kayu untuk Diekspor ke Luar Negeri)

4. Kelengkapan dokumen purchase order

Kelengkapan Dokumen Purchase Order
Kelengkapan Dokumen Purchase Order

Sebagai cara kirim kayu rotan ke luar negeri gampang, pemilik wajib memenuhi kelengkapan dokumen purchase ordernya. Data inilah yang menjadi bukti konkret bahwa kerajinan rotan tersebut memang benar telah dipesan dari pembeli luar negeri.

Purchase order merupakan dasar dari pembuatan invoice yang nantinya akan ditagih kepada si pembeli. Jadi pastikan mengisi kelengkapan data-data pada dokumen ini dengan benar, lengkap bersama alamat dan nama penerima. Dengan begitu barang selamat sampai tujuan.

5. Mendaftarkan situs ke portal internasional

Untuk dapat bergabung sebagai salah satu komunitas ekspor Tanah Air, tentunya pemilik wajib mendapatkan pembeli dari luar negeri. Salah satu caranya ialah dengan mendaftarkan situs yang dibuat ke salah satu situs portal internasional. Dengan begitu jaringan pembeli pun bisa ditingkatkan.

Selain membuat situs, bergabung pulalah bersama beberapa e-commerce yang memungkinkan pangsa pasar menjadi lebih luas.

6. Mencari ekspedisi terbaik

Hal yang juga masuk pertimbangan dalam cara kirim kayu rotan ke luar negeri ialah penentuan jasa ekspedisinya. Tentu tidak semua jasa ini baik dan profesional dalam menjalankan tugas. Terlebih-lebih klien tidak bisa memantau proses pengirimannya secara langsung.

Oleh sebab itu pebisnis bisa menggunakan Repack.id sebagai pilihan jasa kirimnya. Jasa ekspedisi ini memiliki layanan lacak resi yang berguna bagi klien untuk memantau pengiriman paketnya. Layanan ini pun sangat terjangkau dengan keuntungan maksimal.

Setelah memahami cara kirim kayu rotan ke luar negeri, kini saatnya kita mencari penyuplai produk-produk kerajinan rotan berkualitas. Apalagi kini telah ada Repack.id, di mana kirim barang ke luar negeri menjadi selangkah lebih mudah. Keamanannya pun terjamin dengan kiriman sampai dengan selamat melalui berbagai jalur pengiriman.