Cara Kirim HP ke Luar Negeri Tanpa Kerusakan

Barang elektronik seperti smartphone memang termasuk ringkih karena mudah rusak dan retak di bagian LCD apabila terbentur benda-benda keras. Oleh sebab itu diperlukan cara kirim HP ke luar negeri dengan selamat.

Cara Kirim HP Ke Luar Negeri
Cara Kirim HP Ke Luar Negeri

Tips ini sangat berguna bagi mereka yang hendak melakukan transaksi barang elektronik antara negara.

Cara kirim HP ke luar negeri minim risiko

  1. Pastikan keaslian produk

Cara kirim HP ke luar negeri asli pertama yang harus dilakukan ialah pengirim wajib mengecek keaslian barang yang hendak dikirim. Tim pemeriksa baik dari negara asal ataupun tujuan tidak akan menerima perangkat elektronik yang diambil dari pasar gelap.

Maka mereka akan memeriksa dengan teliti bahwa smartphone yang dikirim benar-benar merupakan hasil produksi pabriknya. Baik dari segi perangkat keras, maupun sistem operasi yang ada di dalamnya.

(Baca juga: Cara Jual Sepatu di Luar Negeri Pasti Aman)

  1. Perhatikan beban pajaknya

Benda elektronik termasuk HP dikategorikan benda “mewah”, sehingga diberikan beban pajak yang cukup tinggi. Tidak seperti sembako atau kebutuhan pokok lain di mana pajaknya masih terjangkau sehingga harga jualnya pun murah meski impor. Maka siapkan dana lebih untuk mengantisipasi nominal pajak yang tinggi tersebut.

  1. Menaati regulasi bea cukai

Setiap bea cukai memiliki aturannya sendiri-sendiri yang wajib ditaati oleh pengirim mau pun penerima. Jika barang dinilai tidak menaati aturan yang ada, maka kiriman terancam disita. Jadi sebaiknya gali informasi lebih banyak mengenai cara kirim HP ke luar negeri bekas agar tidak terjadi masalah penyitaan.

Packing aman mengirim Hp sampai ke LN

Cara Kirim HP Ke Luar Negeri Dengan Aman
Cara Kirim HP Ke Luar Negeri Dengan Aman
  1. Bubble wrap wajib

Item yang harus ada ketika tengah mengemas HP untuk dikirim ialah bubble wrap. Lembaran plastik yang diberi aksen gelembung udara ini akan mencegah benturan pada barang yang dibungkusnya. Dengan begitu keamanannya pun terjamin.

  1. Tambahkan Styrofoam

Styrofoam merupakan busa yang cukup empuk sehingga kerap digunakan sebagai cara kirim HP ke luar negeri murah. Material ini juga cukup tebal sehingga mampu mengamankan smartphone dari berbagai guncangan selama pelaksanaan pengiriman.

  1. Peti kayu penambah keamanan

Pada pengiriman HP dalam jumlah yang sangat besar sekaligus, biasanya menggunakan bantuan peti kemas. Peti kayu ini didesain khusus untuk kegiatan ekspedisi sehingga sangat kokoh dan kuat melindungi barang-barang di dalamnya. Keunggulan peti ini selain kokoh, juga tidak mudah rusak.

  1. Box karton

Jangan lupa untuk melengkapi perlengkapan “keselamatan” HP dengan memasukkannya ke dalam kotak karton kokoh. Karton dapat menahan guncangan secara tepat sehingga merupakan benda wajib saat ekspedisi. Agar lebih tahan air, pengirim bisa menambahkan plastik yang membungkus keseluruhan box.

Tips ketika menggunakan kotak ialah memastikan seluruh ruangan terisi penih dan tidak menyisakan ruangan di dalamnya. Dengan begitu HP akan terhindar dari guncangan.

  1. Hubungi ekspedisi terjamin

Untuk lebih mudah, pengirim bisa meminta bantuan penjelasan dari layanan kirim paket antar luar negeri yang sudah berpengalaman. Salah satu jasa terbaik ialah Repack.id.

Dengan jangkauan di lebih dari 200 negara, layanan ini telah membantu banyak sekali proses ekspedisi. Selain itu mereka juga menyediakan antar jemput gratis di seluruh Indonesia untuk berbagai barang yang diekspor, menarik bukan?

Cara kirim HP ke luar negeri sebetulnya bukan perkara sulit, asal mengetahui regulasi yang ada. Tentunya proses kirim paket ke luar negeri akan menjadi jauh lebih mudah jika dilakukan bersama jasa ekspedisi berpengalaman. Maka jangan ragu untuk menanyakan berbagai prosedur yang harus pengirim penuhi kepada mereka, demi kelancaran ekspedisi.