Apa yang Bisa Dijual ke Luar Negeri? Ini Daftarnya!

Sedang mencari apa yang bisa dijual ke luar negeri untuk usaha dan pasti laku? Seperti yang diketahui jika Indonesia memiliki kerajinan yang sangat beragam. Bahkan apa saja bisa dijadikan kerajinan dan dipasarkan secara internasional. Mulai dari wayang, batik, sampai dengan anyaman bambu khas Indonesia, semuanya bisa dijual ke pasar internasional.

Apa Yang Bisa Dijual Ke Luar Negeri
Apa Yang Bisa Dijual Ke Luar Negeri

Karena beragamnya jenis kerajinan yang ada di Indonesia. Tak ada salahnya untuk mencoba memasarkan produk-produk tersebut secara global agar bisa lebih dikenal secara luas. Bahkan apabila produk tersebut sudah terkenal, maka akan menghasilkan banyak keuntungan. Lalu, apa saja yang bisa dijual di pasar internasional?

Daftar-daftar kerajinan apa yang bisa dijual ke luar negeri

1. Kain batik

Bukan hal yang aneh lagi jika kain batik sangat laku di pasaran internasional. Bahkan banyak sekali orang-orang luar negeri yang menggunakan kain batik sebagai fashion. Tak hanya itu, kain batik pun pernah digunakan oleh berbagai artis mancanegara ternama.

Dengan tingginya popularitas batik di mancanegara. Jadi tak ada salahnya untuk menjual kain batik ke luar negeri. Asalkan motif yang digunakan beragam dengan warna-warna yang khas dari daerah pembuat batik itu sendiri.

2. Wayang

Jika Anda bertanya jenis kerajinan apa yang bisa dijual ke luar negeri? Maka jawabannya adalah wayang. Sama seperti kain batik, wayang juga merupakan salah satu kerajinan Indonesia ya g terkenal di pasar internasional.

Kerajinan yang kental akan unsur Jawa ini bahkan banyak diminati oleh orang luar. Jadi tak heran apabila produksi wayang terus meningkat setiap tahunnya. Tetapi, mereka menggunakannya bukan untuk menggelar pameran, melainkan dijadikan sebagai dekorasi dinding.

3. Anyaman bambu

Seiring dengan berkembangnya zaman, anyaman bambu bukan sekedar tudung saji dan perabot rumah tangga saja. Bahkan saat ini ada banyak sekali bentuk-bentuk dari anyaman bambu. Misalnya tempat tisu dan kursi.

Anyaman bambu laku di pasaran internasional bukanlah tanpa sebab. Kebanyakan orang luar negeri mengatakan bahwa produk yang terbuat dari anyaman bambu lebih awet dan kuat. Bahkan anyaman bambu sangat unik karena bisa dibentuk sesuai keinginan.

(Baca juga: Produk Indonesia Paling Laris di Ekspor ke Malaysia)

4. Keramik

Apa yang bisa dijual ke luar negeri agar laku? Jika Anda pengusaha keramik, cobalah untuk memasarkan produk tersebut di pasar internasional. Memang keramik bukanlah kerajinan asli Indonesia.

Akan tetapi kualitas keramik buatan Indonesia sudah diakui oleh seluruh dunia. Bahkan orang-orang Eropa pun banyak menggunakan keramik buatan Indonesia sebagai dekorasi rumah.

Tiongkok sebagai negara pembuat keramik asli pun mengakui jika keramik buatan Indonesia sangat-sangat bagus. Jadi tak heran apabila permintaan keramik sangat tinggi, baik di luar negeri ataupun dalam negeri.

5. Ukiran kayu

Kerajinan Indonesia yang lalu di pasaran internasional terakhir adalah ukiran kayu. Jenis kerajinan ini banyak diminati karena memiliki motif, desain dan tingkat kerumitan yang sangat khas.

Tak hanya itu, kerajinan kayu dari Indonesia juga memiliki kualitas kayu yang sangat bagus. Sehingga awet, tahan lama, dan tidak akan mudah rusak apabila terkena air.

Salah satu kota pengrajin ukiran kayu yang sudah sangat terkenal adalah kota Jepara. Bahkan produk-produk kerajinan ukiran kayu dari Jepara sudah dipasarkan secara internasional dan banyak digunakan oleh orang-orang Eropa.

Itulah tadi informasi mengenai kerajinan apa yang bisa dijual ke luar negeri. Saat ini melakukan kirim paket ke luar negeri bukanlah hal yang rumit. Apalagi seiring dengan berkembangnya zaman, banyak ekspedisi lokal yang menawarkan jasa kirim paket hingga ke luar negeri. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila ingin memasarkan produk kerajinan secara global.