Tips Kirim Produk Fashion ke Luar Negeri Agar Aman

Pebisnis fashion yang memasarkan produknya ke luar negeri harus tahu tips kirim produk fashion ke luar negeri dengan aman. Supaya seluruh produk yang dikirim ke sana selamat dan lancar sampai tujuan. Pahami juga bagaimana strategi pemasaran dan prosedur pengiriman produk fashion ke luar negeri tersebut.

Tips Kirim Produk Fashion Ke Luar Negeri
Tips Kirim Produk Fashion Ke Luar Negeri

Cara kirim produk ke luar negeri sebenarnya sama saja dengan cara kirim produk di dalam negeri. Namun jaraknya yang lebih jauh tentu membutuhkan keamanan selama di perjalanan. Ditambah lagi dengan syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi, sesuai dengan peraturan di negara tujuan.

6 Tips Kirim Produk Fashion ke Luar Negeri Yang Penting Diketahui

  1. Cari Informasi Tentang Regulasi di Negara Tujuan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengirim barang/produk fashion ke luar negeri adalah mencari informasi regulasi negara tersebut. Aturan/regulasi di setiap negara berbeda-beda, dalam hal penerimaan produk dari luar negeri.

Pastikan juga negara tujuan tempat Anda mengekspor produk fashion itu, memiliki aturan mengenai penerimaan barang atau tidak. Sehingga Anda dapat memastikan pengiriman produk fashion dengan aman hingga alamat tujuan tanpa ada kendala.

  1. Packing Barang dengan Aman

Persiapkan juga produk yang akan dikirim atau dipaketkan dengan kemasan yang aman. Sehingga produk yang dikirim nantinya tidak rusak dan selamat sampai tujuan. Gunakan kardus yang kuat dan plastik pembungkus yang kualitasnya bagus.

Tujuannya agar pada saat ditempeli dengan selotip, plastiknya tidak akan mudah rusak karena benturan. Tulis alamat tujuan dengan benar dan lengkap, jangan ada yang terlewat sedikit pun. Supaya produk ini tidak nyasar di tempat/alamat yang salah.

  1. Membuat Dokumentasi Paket

Tips kirim produk fashion ke luar negeri yang benar berikutnya adalah buat dokumentasi paket terlebih dulu sebelum produk dikemas. Misalnya dengan membuat video pengemasan produk sebelum mulai dikirimkan.

Tujuannya adalah untuk memastikan barang yang diterima nantinya sama dengan yang Anda kirim. Jika nanti ada komplain mengenai barang yang tidak sesuai, Anda memiliki dokumentasi yang menunjukkan bahwa barang dalam keadaan baik sebelum dikirim.

  1. Memilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Pilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang tepat dan terpercaya. Pilih juga jasa ekspedisi yang berpengalaman dalam mengirim barang ke luar negeri dan memiliki layanan yang baik. Pastikan juga jasa ekspedisi yang memiliki sistem pelacakan paket, untuk memudahkan Anda dalam memonitoring keberadaan paket.

Kelengkapan fasilitas dan layanan dalam mengirim produk ke luar negeri, akan membuat mereka nyaman saat berbelanja. Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada online shop di Indonesia.

  1. Menentukan Estimasi Biaya Pengiriman

Pengiriman barang ke luar negeri yang terhambat dengan jaraknya yang cukup jauh, tentu akan membuat waktu pengiriman lebih lama. Maka buatlah estimasi biaya dan juga waktu pengiriman sampai barang diterima konsumen.

Tips kirim produk fashion ke luar negeri yang efisien ini membuat paket tiba sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan. Cek ongkir ke luar negeri dari jasa ekspedisi yang ada, untuk memberi beberapa pilihan ongkir pada konsumen.

  1. Memberi Informasi Pengiriman pada Konsumen

Setelah barang berhasil dikirim Anda juga harus memberi informasi terkait pengiriman barang pada konsumen. Informasikan pada mereka jasa ekspedisi yang digunakan serta nomor resi pengiriman agar mereka bisa tracking di website jasa ekspedisi terkait.

Ikuti tips kirim produk fashion ke luar negeri di atas untuk membantu dan memudahkan para pebisnis fashion dalam berjualan. Jangan lupa kirim paket ke luar negeri bisa lebih mudah dengan bantuan Repack.id.