Cara Mengirim Mebel ke Luar Negeri Agar Aman Pasti Sampai!

Cara mengirim mebel ke luar negeri sebenarnya sama saja dengan cara kirim barang lainnya ke luar negeri. Namun karena ukuran dan beratnya yang memang besar maka pengiriman menjadi tidak semudah mengirim barang lainnya. Bahkan ada jenis furnitur yang tidak bisa dikirim hingga masuk ke dalam rumah.

Cara Mengirim Mebel Ke Luar Negeri
Cara Mengirim Mebel Ke Luar Negeri

Untuk itu ketahui bagaimana cara mengirim furnitur/ mebel dengan langkah yang tepat ke luar negeri. Selain itu jika jumlah furnitur yang dikirimnya pun banyak maka Anda harus memiliki badan resmi yang sesuai dengan jenis usahanya. Pastikan juga kelengkapan dokumennya sudah benar, dan ikuti langkahnya sebagai berikut:

Mau tahu cara mengirim mebel ke luar negeri dengan aman? Simak!

  1. Persiapkan Furnitur dan Mebel untuk Pengiriman yang Aman

Setelah ada pembeli dengan harga yang sudah disepakati bersama, kini saatnya untuk mengirim furnitur dan mebel tersebut. Caranya dengan langkah berikut:

  • Mengecek Kemasan

Pastikan Anda sudah mengecek ulang kemasan produk furnitur/mebel yang akan dikirim. Misalnya sudah menggunakan bubble wrap dan kardus yang kuat dan kokoh.

  • Menggunakan Asuransi Pengiriman

Biasanya harga furnitur yang dikirim ke luar negeri harganya tidak murah. Sehingga gunakan asuransi pengiriman dengan memilih jasa pengiriman yang sudah menyediakan asuransinya.

  1. Mengecek Ulang Kondisi Furnitur Setelah Dikirim

Jika proses bongkar muat sudah selesai dan barang sudah sampai di tempat tujuan, Anda bisa meminta penerima untuk mengecek kembali. Jika ada kerusakan atau apa pun bisa segera ditanggulangi. Cara mengirim mebel ke luar negeri yang efektif ini akan memudahkan proses pengiriman furnitur tersebut.

Selain langkah di atas, Anda juga bisa mengirim produk mebel yang belum dirakit. Sehingga barang masih berada di dalam box lengkap dengan instruksi dalam cara merakitnya. Pada box pengemasan harus dicantumkan merek produk, keterangan produk akan diekspor, dan buku pedoman berbahasa Inggris.

Dalam mengirim produk furnitur ke luar negeri ini terdapat peraturan yang harus dipatuhi. Pilih jasa ekspedisi terpercaya dan berpengalaman untuk proses pengiriman barangnya, agar barang bisa sampai di tujuan dengan selamat. Kriteria furnitur yang lolos di pasar luar negeri merajuk pada standar kualitas barangnya.

(Baca juga: Kendala Ekspor yang Selama Ini Dialami oleh Penjual yang Merugikan)

Bentuk dan presisi toleransi ukuran standar dengan ukuran sampel sekitar 0,2% harus sudah disetujui pengirim dan penerima. Jenis bahan baku yang digunakan dalam pembuatan furnitur tersebut tidak boleh kayu yang pemakaiannya dilarang oleh negara. Bahan baku yang digunakan harus sudah bersertifikat SVLK yang wajib dari Indonesia.

Kemudian gunakan juga jenis bahan untuk finishing yang lebih ramah lingkungan. Ketahui juga bagaimana cara mengirim mebel ke luar negeri dan biaya terjangkau. Jadi, tidak hanya cara kirimnya yang aman dan cepat saja, pastikan Anda memilih biaya pengiriman yang terjangkau.

Supaya produk furnitur Anda laris manis di pasar luar negeri akan bergantung pada desain dan kualitas barangnya. Karena selera para importir furnitur di luar negeri sangat berkualitas tinggi, dengan harga bersaing. Mereka juga akan memilih jenis furnitur yang awet dan tahan lama sehingga bisa dipakai hingga berpuluh-puluh tahun kemudian.

Tersedianya kualitas kayu terbaik dari negara beriklim tropis seperti Indonesia memang menjadi keunggulan dari produk furnitur Indonesia. Bahan-bahan yang banyak dipilih oleh orang-orang di luar negeri dalam bidang furnitur adalah bambu, rotan, kayu, dan sebagainya.

Karena bahan material yang digunakannya alami maka cara pengerjaan furniturnya pun berbeda.

Dengan mengikuti langkah dan cara mengirim mebel ke luar negeri dengan benar maka kualitas produk furnitur Anda akan diakui. Silahkan coba tips di atas saat mau kirim paket ke luar negeri.