Apakah Mengirim Paket ke Luar Negeri Itu Mahal dan Apa Alasannya?

Pertanyaan seputar apakah mengirim paket ke luar negeri itu mahal, sering dipertanyakan oleh penjual online. Khususnya bagi mereka yang ingin meluaskan jaringan konsumennya hingga ke luar negeri sana. Namun mereka ragu dengan biaya pengiriman paket beda negara. Untuk mengetahui jawabannya, maka Anda harus tahu sejumlah alasannya.

Apakah Mengirim Paket Ke Luar Negeri Itu Mahal Dan Apa Alasannya
Apakah Mengirim Paket Ke Luar Negeri Itu Mahal Dan Apa Alasannya

Mengapa biaya ongkir ke luar negeri terbilang mahal, padahal penjualan sudah mulai meningkat. Majunya teknologi di zaman sekarang ini memang sangat membantu para penjual, untuk bisa memasarkan dan menjual produknya ke luar negeri. Simak alasan dan penyebab mengapa ongkir ke luar negeri itu biayanya mahal.

Apakah Mengirim Paket ke Luar Negeri Itu Mahal Simak Alasannya di sini

  1. Pengaruh dari Kurs Mata Uang Asing

Salah satu alasan paling utama dari mahalnya biaya pengiriman barang ke luar negeri adalah, kurs mata uang asing yang berpengaruh. Pengiriman barang ke luar negeri ini biasanya memerlukan transportasi darat sampai barangnya sampai di alamat tujuan.

Dalam hal ini penggunaan transportasi darat tentu membutuhkan biaya bensin yang harganya sesuai dengan harga bensin di negara terkait. Maka ongkir ke luar negeri pun menjadi cukup mahal.

  1. Besar Pajak Negara Tujuan

Ada sejumlah negara yang masih belum bebas dari pajak sehingga barang yang dikirim ke sana dikenakan pajak yang cukup tinggi. Itulah yang membuat biaya ongkir negara tersebut menjadi mahal. Jadi, apakah mengirim paket ke luar negeri itu mahal atau murah, jawabannya bisa bergantung dari pajak negara tujuan.

Walaupun tak semua barang terkena biaya pajak karena ada barang yang dengan nominal limit tertentu tidak terkena pajak. Dari aturan yang berlaku, pajak masuk akan menjadi tanggung jawab si penerima dan bukan pengirim.

  1. Berat dan Volume Barang

Biaya ongkir barang ke luar negeri ini cukup beragam dan ditentukan oleh ukuran serta berat barang. Namun memang ada kebijakan masing-masing dari jasa pengirim barang mengenai penambahan biaya yang ukuran/beratnya melebihi standar.

  1. Jenis Paket yang Dikirim

Besar kecilnya biaya pengiriman barang ke luar negeri juga akan dilihat dari jenis paket yang dikirimnya. Tidak semua barang bisa dikirim ke luar negeri dengan syarat dan ketentuan tertentu. Ada dua jenis kategori pengiriman barang yaitu kategori khusus dan umum.

Barang yang termasuk kategori umum adalah baju, sepatu, tas, dan sebagainya, yang dikirim langsung tanpa ada tambahan persyaratan. Sedangkan kategori khusus adalah obat-obatan, kosmetik, makanan, dan sebagainya. Biasanya sejumlah barang tersebut memiliki ketentuan tambahan.

Untuk paket yang termasuk kategori khusus biasanya biaya ongkirnya jauh lebih mahal. Apabila Anda masih bertanya, apakah mengirim paket ke luar negeri itu mahal dan sulit maka lihat jenis paketnya terlebih dulu. Jika termasuk kategori khusus lihat persyaratan dan ketentuannya.

  1. Jenis Layanan yang Dipilih

Jenis layanan pengiriman barang di perusahaan jasa pengiriman barang yang Anda pilih, juga ikut menentukan mahal atau tidaknya biaya ongkir. Misalnya layanan ekspress/kilat harganya tentu tidak sama dengan layanan paket yang biasa.

  1. Jarak Negara Tujuan

Hal lainnya yang memengaruhi biaya pengiriman barang adalah jarak negara tujuan. Semakin jauh jarak negara tujuan dari Indonesia maka harga ongkirnya pun akan semakin mahal. Tapi jika pengirimannya hanya ke negara yang dekat seperti Singapura dan Malaysia misalnya, biasanya akan lebih murah.

Apakah mengirim paket ke luar negeri itu mahal, jika dilihat dari alasannya biaya kirim paket ke luar negeri memang mahal. Namun tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada Repack.id yang bisa menjadi solusi dengan harga yang terjangkau.